ACIIDS 2015 MEMUDAHKAN BINUSIAN DALAM PUBLIKASI JURNAL

Menyadari pentingnya publikasi jurnal bagi BINUSIAN yang sedang menempuh pendidikan S2 dan S3, BINUS UNIVERSITY bersama dengan team Wrocław University of Technology (Polandia) menyelenggarakan 7th Asian Conference on Intelligent Information and Database System (ACIIDS) 2015. Acara yang terbuka bagi peneliti seluruh dunia ini diselenggarakan di Hotel Dynasty Kuta, Denpasar Bali pada Senin (23/03) hingga Jumat (27/03).

ACIIDS 2015 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bergantian dinegara-negara ASEAN. Sesuai dengan namanya, acara ini bertujuan untuk memfasilitasi peneliti-peneliti dalam mempublikasikan karya ilmiah mereka (jurnal), khususnya dibidang teknologi informasi dan database. Dengan keikutsertaan BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu penyelenggara kegiatan ini, maka semakin terbukalah kesempatan bagi BINUSIAN untuk mempublikasikan karya-karya mereka. Karena sebagaimana yang diketahui bersama, menurut surat edaran Direktorat Jendral Perguruan Tinggi No. 152/E/T/2012, bahwa syarat untuk lulus dari program Magister dan Doktor adalah harus menghasilkan karya tulis yang diterima untuk diterbitkan sebagai jurnal atau makalah internasional.

Selain berkesempatan untuk menerbitkan jurnal, pada ACIIDS 2015 peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan seminar dari pembicara yang merupakan pakar dibidangnya. Beberapa pembicara yang hadir untuk memberikan seminar adalah Prof. Jason J. Chung dari Korea, Dr. Raymond Kosala dari Indonesia, Professor Suphamit Chittayasothorn dari Thailand dan Prof. Konrad Wojciechowski dari Poland.

ACIIDS 2015 dihadiri oleh ilmuan dan peneliti dari berbagai penjuru dunia, seperti: Cina, Polandia, Jepang, Korea, Australia, dan Malaysia. Hadir juga perwakilan dari IBM dan Microsoft untuk memberikan wawasan dan padangan mereka dari kacamata industri.

Perwakilan dari BINUS UNIVERSITY beserta hasil penelitiannya adalah:

  1. Adaptive Neuro Fuzzy Inference System for Diagnosing Dengue Hemorrhagic Fever.
    Nilo Legowo, Bayu Kanigoro, Afan Galih Salman, and Muhammad Syai
  2. Kernel-based Regularized Learning for Time-Invariant Detection of Paddy Growth Stages from MODIS Data.
    Sidik Mulyono, Harisno, Mahfudz Amri, M. Ivan Fanany, and T. Basaruddin
  3. A System for Real-Time Passenger Monitoring System for Bus Rapid Transit System.
    Jonathan Samuel Lumentut, Fergyanto E. Gunawan, Wiedjaja Atmadja, and Bahtiar S. Abbasnilo
  4. Object Segmentation under Varying Illumination Effects.
    Dini Pratiwi, Iman H. Kartowisastro

“Dengan adanya kegiatan seperti ACIIDS 2015 ini, kami berharap agar BINUSIAN yang sedang mengejar S2 dan S3 tidak khawatir dengan ketentuan dari DIKTI mengenai publikasi jurnal. Karena BINUS UNIVERSITY senantiasa menjembatani mahasiswanya untuk mempublikasikan karya mereka.” Ujar Dr. Suharjito, S.Si, MT selaku Head of Department – Master of Information Technology. Suharjito juga menerangkan bahwa kedepannya program BINUS UNIVERSITY akan memperbanyak keikutsertaan dalam kegiatan seperti ini, bukan hanya untuk kemajuan BINUSIAN dan BINUS UNIVERSITY, namun juga untuk kemajuan pendidikan dan penelitian di Indonesia. (IV)