Internet security risks

Keamanan internet merupakan cabang dari keamanan komputer khusus terkait ke Internet, sering melibatkan keamanan browser tetapi juga keamanan jaringan pada tingkat yang lebih umum yang berlaku untuk aplikasi lain atau sistem operasi pada keseluruhan. Tujuannya adalah untuk menetapkan aturan dan langkah-langkah untuk melawan serangan melalui Internet. Internet sebenarnya merupakan saluran atau media komunikasi yang tidak aman untuk bertukar informasi sehingga dapat mengarah ke risiko tinggi seperti intrusi, penipuan, dan phishing. Banyak metode berbeda yang telah digunakan untuk melindungi saluran atau internet ini untuk transfer data, termasuk enkripsi dan metode autentikasi. Sebenarnya walaupun kita menggunakan metode yang terkini dengan peralatan keamanan yang terkini juga, adalah akan sia sia dalam menjaga keamanan apabila kita atau pengguna internet tidak dibekali pengetahuan tentang macam atau jenis serangan yang ada di internet. Seorang pengguna komputer bisa diakali atau dipaksa men-download software jahat ke komputer pengguna. Software atau perangkat lunak jahat tersebut datang dalam berbagai bentuk, seperti virus, trojan horse, spyware, dan worm. Berikut adalah beberapa macam serangan atau ancaman yang sering terjadi di internet:

  • Malware, kependekan dari perangkat lunak berbahaya, adalah software yang digunakan untuk mengganggu pengoperasian komputer, mengumpulkan informasi sensitif, atau mendapatkan akses ke sistem komputer pribadi.
  • Botnet adalah jaringan komputer zombie yang telah diambil alih oleh robot atau bot yang dapat melakukan tindakan berbahaya dengan skala besar sesuai keinginan pencipta botnet
  • Virus komputer adalah program yang dapat mereplikasi struktur atau efek mereka dengan menginfeksi file lain atau struktur pada komputer. Penggunaan umum dari virus adalah untuk mengambil alih komputer untuk mencuri data.
  • Worm adalah program yang dapat mereplikasi diri di seluruh jaringan komputer, dan pada akhirnya dapat membahayakan system secara keseluruhan.
  • Ransomware adalah jenis malware yang membatasi akses ke sistem komputer yang terinfeksi atau mengenkrip harddisk, dan menuntut uang tebusan dibayarkan
    kepada pencipta malware agar pembatasan dapat dihapus atau diberikan kunci untuk mendekrip harddisk yang terinfeksi.
  • Spyware mengacu pada program yang diam-diam memantau aktivitas pada sistem komputer dan melaporkan bahwa informasi kepada orang lain tanpa persetujuan pengguna.
  • Sebuah Trojan horse, umumnya dikenal sebagai Trojan, adalah istilah umum untuk perangkat lunak berbahaya yang berpura-pura menjadi tidak berbahaya, sehingga pengguna rela memungkinkan untuk di-download ke komputer.
    Internet defences

Yang paling penting untuk menghindari atau menangkal serangan internet adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengguna internet terhadap ancaman ancaman yang ada. Jika pengguna internet tahu tentang ancaman dan bahaya dari aktivitas on-line maka mereka dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah bahaya bahaya yang ada diinternet. Anda harus menggunakan aturan aturan yang membantu menjaga sistem Anda dengan aman:
Aturan 1: Selalu curiga ketika Anda menggunakan Internet.
Aturan 2: Jangan pernah memberikan informasi rahasia kepada orang lain selain sumber yang benar-benar dipercaya dan menjaga password Anda untuk diri sendiri.
Aturan 3: Melindungi sistem Anda dengan menggunakan up-to-date software keamanan internet. Tidak pernah on-line tanpa sistem yang sepenuhnya dilindungi.
Aturan 4: Jaga pengetahuan Anda up-to-date tentang serangan internet dan ancamannya, sangat penting bahwa Anda tahu apa ancaman yang terbaru.
Aturan 5: Simpan file sistem operasi utama Anda up to date dengan secara teratur men-download patch dan update keamanan.
Aturan 6: Jangan pernah membuka link dari email, kecuali anda yakin siapa pengirimnya.

benfano soewito