People Innovation Excellence

Sejarah Keamanan Komputer

Arti dari keamanan komputer telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum masalah keamanan data/informasi menjadi popular, kebanyakan orang berpikir bahwa keamanan computer difokuskan pada alat alat computer secara fisik. Secara tradisional, fasilitas komputer secara fisik dilindungi karena tiga alasan:

  • Untuk mencegah pencurian atau kerusakan hardware
  • Untuk mencegah pencurian atau kerusakan informasi
  • Untuk mencegah gangguan layanan

Prosedur yang sangat ketat untuk akses ke ruang server diaplikasikan oleh sebagian besar organisasi, dan prosedur ini sering digunakan untuk mengukur level keamanan computer. Dengan adanya akses jarak jauh atau remote terminal, jaringan yang sudah banyak serta teknologi internet yang berkembang pesat maka perlindungan secara fisik sudah jarang atau tidak dapat lagi digunakan untuk mengukur level keamanan. Meskipun demikian, masih ada beberapa perusahaan yang masih melindungi fasilitas fisik server mereka dengan peralatan cangih tetapi kurang memperhatikan perlindungan terhadap data atau informasi itu sendiri yang disimpan dalam server. Walupun nilai data atau informasi tersebut beberapa kali lebih besar dari nilai hardware.

Oleh karena itu konsep atau definisi computer security atau keamanan computer saat ini manjadi lebih luas atau bisa juga didefinisikan sebagai berikut: keamanan komputer dirancang untuk melindungi komputer dan segala sesuatu yang berkaitan dengan itu, bangunannya, workstation dan printer, kabel, dan disk dan media penyimpanan lainnya. Yang paling penting, keamanan komputer melindungi informasi yang disimpan dalam sistem anda. Keamanan komputer tidak hanya dirancang untuk melindungi terhadap penyusup dari luar yang masuk ke sistem, tetapi juga bahaya yang timbul dari dalam seperti berbagi password dengan teman, gagal atau tidak dilakukan untuk backup data, menumpahkan kopi pada keyboard dan sebagainya.

Didalam information security sering juga dikenal CIA Triad atau segitiga confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan). Kerahasiaan, integritas dan ketersediaan, yang dikenal sebagai segitiga CIA ini adalah model yang dirancang untuk memandu kebijakan untuk keamanan informasi dalam sebuah organisasi. Model ini juga kadang-kadang disebut sebagai triad AIC (ketersediaan, integritas dan kerahasiaan) untuk menghindari kebingungan dengan Central Intelligence Agency. Unsur-unsur dari tiga serangkai tersebut dianggap tiga komponen yang paling penting dari system keamanan.

Bila bicara kerahasiaan sama dengan bicara privasi. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menjamin kerahasiaan dirancang untuk mencegah informasi rahasia dan sensitif di ambil oleh orang yang tidak berhak. Oleh karena itu access harus dibatasi hanya untuk mereka yang berwenang saja yang dapat melihat data yang sensitive atau rahasia tersebut. Sebuah sistem komputer yang aman harus menjaga agar informasi selalu tersedia untuk pengguna. Ketersediaan berarti bahwa perangkat keras dan perangkat lunak sistem komputer terus bekerja secara efisien dan bahwa sistem ini mampu pulih dengan cepat dan benar jika ada bencana.

Integritas melibatkan beberapa unsur yaitu: menjaga konsistensi, akurasi, dan kepercayaan dari data melalui seluruh siklus hidupnya. Data tidak boleh diubah pada saat ditransmisikan. Dalam hal ini harus diambil langkah langkah untuk memastikan bahwa data tidak dapat diubah oleh orang yang tidak berhak dan tidak kurang suatu apapun serta benar adanya.

Dalam keamanan komputer ada tiga komponen yang selalu menjadi diskusi:

  • Kerentanan: adalah kelemahan dari komputer yang memungkinkan penyerang untuk masuk ke sistem jaringann informasi.
  • Ancaman: adalah kemungkinan bahaya yang mungkin mengeksploitasi kerentanan untuk melakukan gangguan pada system keamanan dan karena itu dapat menyebabkan kemungkinan bahaya bagi organisasi.
  • Penanggulangan: adalah suatu tindakan, perangkat, prosedur, atau teknik yang mengurangi ancaman, kerentanan, atau serangan dengan menghilangkan atau mencegah, dengan meminimalkan kerugian itu dapat menyebabkan, atau dengan menemukan dan melaporkan masalah system keamanan sehingga tindakan korektif dapat diambil.

Awal mula keamanan computer.

Pada saat computer diperkenalkan pertama kali, ukuran komputer sangat besar, langka, dan sangat mahal. Oleh karena itu organisasi atau perusahaan yang cukup beruntung memiliki komputer akan mencoba dengan cara terbaik untuk melindungi computer tersebut. Keamanan komputer hanya salah satu aspek dari keamanan secara keseluruhan dari asset organisasi. Keamanan difokuskan pada fisik pembobolan, pencurian peralatan komputer, dan pencurian atau perusakan kemasan disk, gulungan pita, dan media lainnya. Hanya sedikit orang yang tahu bagaimana menggunakan komputer, dan dengan demikian pengguna harus dengan hati-hati dipilih. Pada saat itu computer tidak terhubung dengan jaringan internet sehingga memang masalah keamanan hanya berfokus pada fisik dan lingkungannya saja.

Pada 1970-an, teknologi komunikasi berubah, dan dengan itu cara-cara berkomunikasi juga berubah, pengguna yang berhubungan dengan komputer dan data dapat bertukar informasi dengan menggunakan jaringan telepon. Selain itu multi-programaming, timesharing, dan jaringan mengubah semua aturan dalam berkomunikasi. Dengan terkoneksinya computer pada jaringan telepon maka pengguna berkemampuan untuk mengakses komputer dari lokasi terpencil. Dengan kemampuan itu mengubah penggunaan komputer. Komputer merambah ke bidang bisnis dengan mulai menyimpan informasi secara online dan terkoneksi dengan jaringan secara bersama-sama dan dengan mainframe yang berisi database.

Dengan di mulainya computer dan jaringan untuk keperluan bisnis maka mulai muncul masalah keamanan computer terutama menyangkut pencurian data dan informasi. Sehingga masalah keamanan computer tidak lagi terfokus pada masalah fisik dan lokasi, tetapi di tambah dengan masalah kemanan data dan informasi.


Published at :
Written By
benfano soewito
subject content coordinator | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close