Klasifikasi

Klasifikasi merupakan salah satu topik utama dalam data mining atau machine learning. Klasifikasi adalah suatu pengelompokan data dimana data yang digunakan tersebut mempunyai kelas label atau target. Sehingga algoritma-algoritma untuk menyelesaikan masalah klasifikasi dikategorisasikan ke dalam supervised learning atau pembelajaran yang diawasi. Maksud dari pembelajaran yang diawasi adalah data label atau target ikut berperan sebagai ‘supervisor’ atau ‘guru’ yang mengawasi proses pembelajaran dalam mencapai tingkat akurasi atau presisi tertentu.
Gambar 1 dibawah ini adalah contoh klasifikasi hewan dengan label atau target adalah reptile (reptile), serangga (insect), ikan (fish), burung (bird) dan mamalia (mammal), dan menggunakan fitur-fitur tertentu, seperti mempunyai telinga, dapat berenang, beranak, bertelur dan sebagainya, sebagai indikator-indikator suatu hewan masuk dalam kelompok hewan tertentu.

Gambar 1: Klasifikasi Hewan.

Beberapa metode standar dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah klasifikasi yaitu: Backprogation neural network, support vector classification (SVC), extreme learning machine (ELM), K-NN, Naïve Bayes dan masih banyak lagi.

antoni wibowo