People Innovation Excellence

OSI Layer Model and TCP/IP Suite Model

Dalam pelajaran komunikasi data kita diperkenalkan yang namanya OSI layer model yang terdiri dari tujuh buah layer seperti gambar dibawah ini.

Gambar dari https://www.sevenmentor.com/

Untuk apa kegunaan OSI Seven Layer Model ini? OSI layer ini adalah sebuah model untuk menerangkan, menjelaskan dan berdiskusi tentang bagaimana komunikasi dan transfer data terjadi di internet melalui media kabel ataupun wireless. Model ini diperlukan karena kita tidak bisa melihat secara physic bagaimana sebuah informasi terkirim mulai dari computer pengirim sampai ke computer penerima. Oleh karena itu untuk berdiskusi tentang sebuah proses yang tidak dapat dilihat secara fisik maka kita memerlukan sebuah model. Bayangkan, bagaimana seseorang menerangkan transmisi data yang tidak terlihat oleh mata jika tanpa sebuah model. Jika tanpa model maka akan sangat sulit sekali untuk menerangkan sebuah proses yang tidak dapat dilihat secara fisik.
Layer applikasi atau layer ketujuh ini adalah sebuah layer penghubung antara pengguna atau manusia dengan aplikasi atau software. Lapisan ini bertanggung jawab untuk layanan aplikasi untuk transfer file, e-mail, dan layanan perangkat lunak jaringan lainnya. Protokolnya seperti Telnet, FTP, HTTP yang digunakan pada lapisan ini.
Layer presentasi atau layer keenam bertanggung jawab untuk bagaimana aplikasi memformat data yang akan dikirim ke jaringan. Lapisan presentasi pada dasarnya memungkinkan aplikasi untuk membaca (atau memahami) pesan tersebut.
Contoh fungsi lapisan presentasi meliputi: Enkripsi dan dekripsi pesan untuk keamanan, Kompresi pesan, Pemformatan grafis, Terjemahan konten, Terjemahan spesifik system.
Layer sesi atau layer kelima, menyediakan berbagai layanan, termasuk melacak jumlah byte. Lapisan sesi ini memungkinkan aplikasi berfungsi pada perangkat untuk menetapkan, mengelola, dan mengakhiri dialog melalui jaringan. Fungsi Lapisan sesi adalah: Koneksi virtual antar entitas aplikasi, Sinkronisasi aliran data, Pembuatan unit dialog, Memastikan parameter koneksi, Partisi layanan ke dalam kelompok fungsional, Pengiriman ulang data jika tidak diterima oleh perangkat
Layer transport atau layer keempat, bertanggung jawab untuk komunikasi antara perangkat akhir melalui jaringan. Beberapa fungsi yang dilayani oleh lapisan transport meliputi:
Identifikasi aplikasi, Identifikasi entitas sisi klien, Konfirmasi bahwa seluruh pesan tiba utuh, Segmentasi data untuk transport jaringan, Deteksi kesalahan transmisi, Penataan kembali data tersegmentasi dalam urutan yang benar di sisi penerima. Protokol lapisan transport yang paling umum adalah TCP, Transmission Control Protocol yang berorientasi koneksi (connection oriented) dan UDP User Datagram Protocol (connection less).
Layer jaringan atau layer ketiga bekerja untuk transmisi data dari satu host ke yang lain yang terletak di jaringan yang berbeda. Layer ini juga menangani routing paket yaitu untuk seleksi
atau pemilihan jalur terpendek dalam mengirim. Alamat IP pengirim & penerima ditempatkan di header pada lapisan jaringan. Fungsi layer Network adalah:
Routing: Protokol lapisan jaringan menentukan rute mana yang sesuai dari sumber ke tujuan. Fungsi lapisan jaringan ini dikenal sebagai routing.
Logical Addressing: Untuk mengidentifikasi setiap perangkat di internet secara unik, lapisan jaringan mendefinisikan skema pengalamatan. Alamat IP pengirim & penerima ditempatkan di header oleh lapisan jaringan. Alamat tersebut membedakan masing-masing perangkat secara unik dan universal.
Layer data link atau layer kedua bertanggung jawab untuk pengiriman node ke node pesan. Fungsi utama dari lapisan ini adalah untuk memastikan transfer data dari satu node ke yang lain, melalui lapisan fisik. Ketika sebuah paket tiba di jaringan, adalah tanggung jawab layer ini untuk mengirimkannya ke Host menggunakan alamat MAC-nya. Fungsi layer Link data adalah: Framing adalah fungsi dari lapisan data link, untuk menyediakan cara bagi pengirim untuk mengirimkan sekumpulan bit ke penerima
Pengalamatan fisik: Setelah membuat frame, lapisan data link menambahkan alamat fisik (alamat MAC) dari pengirim dan / atau penerima di header setiap frame.
Kontrol kesalahan: Lapisan ini menyediakan mekanisme kontrol kesalahan di mana ia mendeteksi dan mentransmisikan ulang frame yang rusak atau hilang.
Layer fisik atau layer pertama ini bertanggung jawab untuk koneksi fisik yang sebenarnya antara perangkat. Lapisan fisik mengandung informasi dalam bentuk bit. Ini bertanggung jawab untuk koneksi fisik yang sebenarnya antara perangkat. Saat menerima data, lapisan ini akan mendapatkan sinyal yang diterima dan mengubahnya menjadi 0 dan 1 dan mengirimnya ke lapisan Data Link.


Published at :
Written By
Benfano Soewito
Subject Content Coordinator | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close