People Innovation Excellence

Ketika Peneliti BINUS Bersinergi dengan Industri

Oleh Gede P. Kusuma

Gambar1

Hubungan peneliti BINUS dengan Industri memasuki babak baru dengan dilaksanakannya acara Research and Industry Networking yang pertama di Kampus Anggrek pada 4 Februari 2016. Terlaksananya acara ini tidak terlepas dari kegigihan teman-teman di BINUS Collaboration Center (BCC) dan Research and Technology Transfer Office (RTTO) dalam mempersiapkannya. Perwakilan dari perusahaan mitra dipertemukan dengan perwakilan peneliti BINUS dalam suasana yang penuh dengan keakraban dan juga diwarnai diskusi yang serius dalam rangka menjajaki peluang kerja sama dalam penelitian.

Acara dimulai dengan sambutan selamat datang dari Mrs. Karen Imam, Director of BINUS Global, yang kemudian acara dibuka secara resmi oleh Prof. Bahtiar Saleh Abas, Vice Rector Research & Technology Transfer. Dua keynote speakers, Dr. Jarot S. Suroso (Lecturer Specialist-S3 MMSI) dan Bapak Jussuf Sjariffudin (CEO PT Jati Piranti Solusindo), kemudian membawakan materi tentang pentingnya kerja sama yang saling menguntungkan antara universitas dan industri. Acara pembukaan dipandu oleh Bu Arthanami (Program & Relationship Coordinator BCC) dan Bu Theodora (Collaboration Center Manager).

Setelah acara pembukaan, para peserta kemudian dipecah ke dalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk melaksanakan focus group discussion. Saya mewakili MTI berkesempatan untuk berdiskusi dengan perwakilan Octagon Studio yang dimediatori oleh Bapak Anindito, Internationalization Section Head RTTO. Octagon Studio diwakili oleh Bapak Hasbi Asyadiq (CTO) dan Bapak Lukman Hakim (Technical Manager). Kami berdiskusi cukup lama dan intens dalam memahami kebutuhan dan kepentingan masing-masing dan berusaha untuk menemukan topik-topik penelitian yang bisa dikerjasamakan. Saya sangat berbahagia atas kesempatan yang telah diberikan dan sangat mengapresiasi kehadiran mereka di kampus kita. Semoga ke depannya acara ini ada kelanjutannya dan harapan terbesar bisa membawa manfaat baik bagi BINUS University, mitra industri dan juga masyarakat luas.

Gambar2

Acara semacam ini sejalan dengan pengarahan dari Presiden kita Bapak Ir. H. Joko Widodo pada saat membuka Konferensi Nasional Forum Rektor Indonesia di Yogyakarta pada Jumat, 29 Januari 2016. Seperti halnya orang kebanyakan, saya hanya bisa mengetahui arahan beliau melalui media masa. Berikut saya sertakan link menuju berita tersebut di detik.com:

http://news.detik.com/berita/3130915/jokowi-harap-perguruan-tinggi-hasilkan-riset-yang-bermanfaat-bagi-rakyat

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan agar perguruan tinggi tidak hidup dalam lamunanya sendiri alias hanya bekerja untuk lingkungannya sendiri, melainkan bisa menghasilkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Beliau juga mengharapkan perguruan tinggi mau bermitra dengan pemerintah dan dunia usaha sehingga riset yang dilakukan adalah riset yang bisa diimplementasikan di lapangan. Sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah dan dunia usaha diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah di masyarakat.

Acara networking peneliti BINUS dan mitra industri adalah wujud kepedualian BINUS terhadap apa yang menjadi harapan pemerintah. Adalah tugas kita sebagai peneliti (dosen dan mahasiswa) untuk benar-benar bisa menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close