People Innovation Excellence

OSI Layer

Banyak buku dan artikel, saat menjelaskan produk atau protokol, selalu merujuk pada OSI Model dengan pernyataan seperti, “Produk ini sesuai dengan lapisan OSI.” Jika kita kurang memahami dengan berbagai lapisan model OSI dan TCP/IP protocol suite, serta kurangnya pengetahuan dasar yang penting, mungkin akan menghambat kita dalam pemahaman konsep yang rumit di masa yang akan datang. Model OSI dirancang dengan tujuh lapisan, seperti yang ditunjukkan pada Gambar dibawah ini. Kita juga harus memahami lebih lanjut hubungan antara lima lapisan dari TCP/IP Protocol Suite dan tujuh lapisan dari model OSI. Lapisan atas dalam model OSI adalah lapisan aplikasi, di mana aplikasi menggunakan jaringan didalamnya. Meskipun banyak jenis aplikasi yang menggunakan jaringan komputer, namun hanya tertentu yang digunakan secara luas. Aplikasi seperti surat elektronik, sistem transfer file, sistem remote login, dan Browsing web sangat umum dipakai sebagai standar untuk organisasi yang diciptakan khusus untuk mereka.

Untitled12

Gambar Perbandingan OSI Layer dengan TCP/IP Protocol Layer

Lapisan berikutnya dalam model OSI, lapisan presentasi, melakukan serangkaian fungsi lain yang diperlukan untuk menyajikan paket data dengan benar ke pengirim atau penerima. Misalnya, lapisan presentasi mungkin melakukan konversi karakter ASCII-to-non-ASCII, enkripsi dan dekripsi dokumen dengan aman, dan kompresi data menjadi lebih kecil. Lapisan sesi bertanggung jawab untuk membangun sesi antara pengguna dan untuk manajemen tanda, layanan yang mengendalikan yang pengguna pembicaraan komputer bila selama sesi saat dengan melewati token perangkat lunak bolak-balik. Selain itu,

Lapisan sesi menetapkan poin sinkronisasi, yang poin cadangan yang digunakan dalam jika terjadi kesalahan atau kegagalan. Misalnya, sementara transmisi dokumen besar seperti sebuah buku elektronik, lapisan sesi dapat menyisipkan titik sinkronisasi pada akhir setiap bab. Jika terjadi kesalahan selama transmisi, baik pengirim dan penerima dapat cadangan ke titik sinkronisasi terakhir (ke awal dari yang sebelumnya dikirimkan bab) dan mulai transmisi dari sana. Banyak aplikasi jaringan tidak termasuk lapisan sesi tertentu dan tidak menggunakan token untuk mengelola percakapan. Jika mereka lakukan, “token” dimasukkan oleh lapisan aplikasi, atau mungkin transportasi lapisan, bukan dari lapisan sesi. Demikian juga, jika aplikasi jaringan menggunakan sinkronisasi poin, titik-titik ini sering dimasukkan oleh lapisan aplikasi.

Lapisan keempat dalam model OSI, lapisan transport, memastikan bahwa data paket yang tiba di tujuan akhir identik dengan paket data yang meninggalkan stasiun berasal. Dengan “identik” yang kita maksud tidak ada kesalahan transmisi, Data tiba dalam urutan yang sama seperti yang dikirim, dan tidak ada duplikasi data. Dengan demikian, kita katakan bahwa lapisan transport melakukan end-to-end error control. Ini berarti lapisan transport tidak digunakan sementara paket data melompat dari titik ke titik dalam jaringan-digunakan hanya pada dua titik akhir sambungan. Jika jaringan yang mendasari mengalami masalah seperti ulang atau restart kondisi, lapisan transport akan mencoba untuk pulih dari kesalahan dan kembali koneksi end-toend ke keadaan yang aman dikenal. Seperti yang akan kita lihat, untuk memastikan bahwa data tiba bebas dari kesalahan pada tujuan akhir, lapisan transport harus mampu bekerja di semua jenis jaringan, apakah mereka dapat diandalkan atau tidak.

Empat lapisan dijelaskan sejauh disebut lapisan end-to-end. Mereka bertanggung jawab untuk data yang dikirimkan antara endpoint dari koneksi jaringan, dengan kata lain, lapisan ini melakukan operasi mereka hanya pada titik awal dan akhir titik koneksi jaringan. Sisa tiga lapisan-jaringan, data link, dan lapisan-fisik tidak end-to-end. Mereka melakukan operasi mereka di masing-masing simpul sepanjang jalur jaringan, tidak hanya pada titik akhir. Lapisan jaringan yang bertanggung jawab untuk menciptakan, memelihara, dan mengakhiri koneksi jaringan. Sebagai lapisan ini mengirimkan paket data dari node ke node dalam sebuah jaringan dan antara beberapa jaringan, jaringan pengalamatan diperlukan untuk sistem untuk mengenali penerima yang dituju berikutnya. Untuk memilih jalan melalui jaringan, lapisan jaringan menentukan informasi routing dan berlaku untuk setiap paket atau kelompok paket. Lapisan jaringan juga melakukan kontrol kongesti, yang menjamin bahwa jaringan tidak menjadi jenuh pada satu titik. Dalam jaringan yang menggunakan distribusi skema siaran, seperti jaringan area lokal, di mana data yang dikirimkan dikirimkan ke semua stasiun, lapisan jaringan mungkin sangat sederhana.

Data link layer bertanggung jawab untuk mengambil data dari lapisan jaringan dan mengubahnya menjadi sebuah unit kohesif disebut frame. Frame ini berisi identifier yang sinyal awal dan akhir dari frame, serta ruang untuk mengontrol informasi dan informasi alamat. Informasi alamat mengidentifikasi workstation tertentu dalam garis beberapa workstation. Selain itu, data menghubungkan Lapisan dapat menggabungkan beberapa bentuk perangkat lunak deteksi kesalahan. Jika kesalahan ada, Lapisan data link bertanggung jawab untuk kontrol kesalahan, yang tidak dengan menginformasikan pengirim kesalahan.

Data link layer juga harus melakukan kontrol aliran. Dalam besar jaringan dimana data hop dari node ke node karena membuat jalan di seluruh jaringan, kontrol aliran memastikan bahwa satu node tidak membanjiri node berikutnya dengan Data terlalu banyak. Perhatikan bahwa data ini menghubungkan operasi yang sangat mirip dengan transportasi operasi lapisan. Perbedaan utama adalah bahwa lapisan transport melakukan nya operasi hanya pada titik akhir, sedangkan lapisan data link melakukan operasinya di setiap halte (node) di sepanjang jalan.

Lapisan bawah dalam model OSI-fisik lapisan-menangani transmisi bit melalui saluran komunikasi. Untuk melakukan transmisi ini bit, lapisan fisik menangani tingkat tegangan, plug and konektor dimensi, pin konfigurasi, dan masalah listrik dan mekanik lainnya. Pemilihan kawat atau Media transmisi nirkabel biasanya ditentukan pada lapisan fisik. Selanjutnya, karena data digital atau analog dikodekan atau dimodulasi ke digital atau sinyal analog pada saat ini dalam proses, lapisan fisik juga menentukan encoding atau teknik modulasi untuk digunakan dalam jaringan.


Published at :
Written By
Benfano
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close