People Innovation Excellence

Sistem Keamanan pada Jaringan WiFi (part 1)

Oleh  : Nico Surantha 

Fig1

Rangkaian artikel ini akan menjelaskan informasi yang anda perlu ketahui sebagai pengguna jaringan WiFi, khususnya mengenai keamanan jaringan. Ada dua komponen utama dari jaringan WiFi, yaitu access point dan station. Access point adalah perangkat yang menyediakan layanan WiFi. Access point mendapat akses internet karena terhubung dengan jaringan backbone, misalnya fiber-optik, LTE, dll. Station adalah perangkat tidak bergerak ataupun bergerak yang akan mengakses jaringan WiFi, contohnya laptop, tablet, ataupun smartphone. Sistem keamanan pada WiFi akan mengatur hubungan koneksi dan keamanan transaksi data antara access point dan station. Keamanan dalam jaringan WiFi diwujudkan melalui protokol keamanan. Ada tiga protokol keamanan dalam jaringan WiFi, yaitu WEP (Wired Equivalent Privacy), WPA (Wi-Fi Protected Access), dan WPA2 (Wi-Fi Protected Access versi 2).

Ada tiga aspek keamanan yang dapat diharapkan dari implementasi protokol keamanan, yaitu autentisitas (, integritas, dan kerahasiaan (confidentiality). Aspek autentisitas artinya jaminan bahwa hanya pengguna terautentikasi yang dapat mengakses jaringan. Aspek integritas berarti jaminan bahwa penerima data yang diharapkan akan menerima data persis sama yang dikirim oleh pengirim data. Sementara, aspek kerahasiaan adalah jaminan bahwa hanya penerima diharapkan yang dapat menerima data yang ditransmisikan.

Aspek-aspek tersebut di atas adalah aspek keamanan yang dapat dicapai oleh metode autentikasi dan enkripsi yang diimplementasikan dalam setiap protokol keamanan. Dalam rangkaian artikel sistem keamanan WiFi ini, akan dijelaskan lebih mendalam mengenai enkripsi dan autentikasi di jaringan WiFi. Kemudian, akan dibahas juga tentang ancaman yang mungkin untuk jaringan WiFi dan ketangguhan metode autentikasi dan enkripsi dalam setiap protokol keamanan untuk menaklukkan setiap ancaman serangan pada jaringan WiFI.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close