Sesi Kuliah Tamu oleh Prof. Wisnu Jatmiko dengan Topik “Artificial Intelligence and Robotics” Jumat, 12 Oktober 2018

Pada hari Jumat lalu, tepatnya 12 Oktober 2018, diadakan sesi kuliah tamu di Magister Teknik Informatika (MTI), Universitas Bina Nusantara dengan topik Artificial Intelligence and Robotics. Materi disampaikan oleh dosen tamu asal Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, yakni Bapak Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom. Beliau adalah professor tetap Universitas Indonesia. Beliau memperoleh gelar sarjana dan master dari Universitas Indonesia dan gelar doktor dari Nagoya University, Jepang. Materi yang disampaikan pada sesi kuliah tamu tersebut sangat erat kaitannya dengan bidang penelitian beliau selama 10-15 tahun terakhir.

Sesi perkuliahan berlangsung selama kurang lebih satu jam dengan dihadiri oleh mahasiswa dari seluruh angkatan, baik reguler maupun online (melalui webinar). Materi yang disampaikan berkaitan dengan aplikasi-aplikasi penelitian Prof. Wisnu yang mencakup variasi bidang terkait Artificial Intelligence (AI) dan robotika, di antaranya adalah robot pendeteksi gas beracun, robot pengganti BTS untuk ponsel di daerah terjadinya bencana, robot drone pemetaan tata kota, robot EKG untuk mendeteksi penyakit jantung, robot USG jarak jauh untuk memeriksa kondisi janin, dan lain-lain. Selain memaparkan berbagai jenis aplikasi yang sudah dan sedang dijalankan, beliau juga memberikan motivasi, tips, dan tricks bagaimana kita harus memiliki target pribadi yang ingin dicapai, ketekunan dalam meraihnya, dan kepercayaan diri bahwa kita mampu. Hal ini sangat menginspirasi para peserta kuliah. Hal tersebut terlihat dari antusiasme peserta saat perkuliahan berlangsung dan banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Di samping itu, Prof. Wisnu juga menyampaikan sedikit kiat-kiat menulis artikel ilmiah dan bagaimana cara memperoleh hibah penelitian dari berbagai lembaga. Di akhir sesi, beliau membagikan buku-bukunya kepada peserta berdasarkan pertanyaan yang diajukan. Buku-buku yang dibagikan merupakan karya beliau dan mencakup topik yang bervariasi, antara lain mengenai aplikasi robotika dan kecerdasan buatan, cara menulis artikel ilmiah, hingga cara mendapatkan ide untuk mengajukan proposal hibah penelitian hingga memperoleh dananya. Sesi perkuliahan tamu saat itu dapat disimpulkan tidak hanya penuh informasi terkait penelitian di bidang AI dan robotika, melainkan juga informasi akademik lainnya yang berkaitan langsung maupun tidak langsung terhadap dunia penelitian.

Bagi para mahasiswa peserta perkuliahan, Prof. Wisnu berpesan untuk selalu bersemangat dan yakin bisa mencapai target yang dicita-citakan. Jika menemui kendala, tidak perlu berkecil hati, lakukan dulu hal-hal yang bisa dilakukan. Seiring berjalannya waktu, saat sudah memiliki dana lebih atau kualifikasi lebih tinggi, target dapat dicapai secara bertahap satu per satu. Jadilah pribadi yang merupakan developer, bukan user semata!

Amalia Zahra