Teknologi Pemberantasan Kebakaran Hutan

Dalam beberapa tahun terakhir Indonesia dilanda beberapa kebakaran hutan secara sporadis yang berakibat kerugian ratusan millliar rupiah.

Penyebab kebakaran hutan adalah  tingginya suhu undara, kelembaban yang tinggi, serta rendanya curah hujan menjadi penyebab kebakaran hutan.

Kebakaran hutan bisa dilihat melalui kamera jarak jauh yang gambarnya bisa dilihat dibawah ini. Secara garis besar, pengamatan kebakaran hutan  sudah dilakukan dengan menggunakan alat khusus semisal infrared cameras, selain itu bisa dilakukan dengan menggunakan pesawat tidak berawak dengan menggunakan remote control jarak jauh.

Secara khusus teknologi pesawat tak berawak bisa didisain bukan hanya untuk mendeteksi api namun juga untuk memdamkan api.

Untitled

Gambar 1:  Dampak kebakaran Hutan.

Sumber:  http://www.futuristspeaker.com/wp-content/uploads/Black-Forest-Fire-Colorado-Springs-6-550.jpg

 

Biaya yang dikeluarkan untuk Kebakaran Hutan

Secara khusus, kebakaran hutan secara global sudah menelan biaya secara langsung  $948 million di tahun 2012 dan biaya tidak langsung $500 million dari tahun 2002.

Secara global, kebakaan hutan melanda 6.9 million hekatr  per tahun dari tahun 2002-2012, Informasi lebih lanjut bisa dibaca di http://www.blm.gov/or/districts/roseburg/plans/collab_forestry/files/TrueCostOfWilfire.pdf

 

Teknologi Infra Red untuk Kebakaran

Teknologi infra red merupakan teknologi lama yang coba diterapkan untuk memetakan satelite secara mobile untuk mengontrol pergerakannya. Secara khusus, teknologi infra red bisa dimodifikasi untuk melakuakn monitor kebakaran hutan juga.

Dibawah ini adalah contoh dari penggunaan Teknologi Infra Red:

Untitled1

Gambar 2. Hasil dariTeknologi Infra Red

Sumber : 2007 NASA  Gambar untuk  fires di  California

 

Foto di atas adalah hasil dari thermal-infrared imaging sensorsyang diambil citra-nya oleh  NASA’s Ikhanapada  kebakaran hutan di kota Harris Fire di  San Diego County di  Southern California.

Selain penggunaan dari teknologi satelit, maka berikut ini adalah ilustrasi dari  proses pencitraan dari pesawat berawak.

 Untitled2

Gambar 3. Teknologi Pemadaman Api menggunakan Pesawat Berawak.

http://www.futuristspeaker.com/wp-content/uploads/Bluesky-LiDAR-thermal-imagery-system-2.jpg

 

 

Selain penggunaan satelit dan pesawat berawak, dimungkinkan juga dengan penggunaan  teknologi tak berawak atau Drone. Dibawah ini contoh gambar

Untitled3

Gambar 4. Penggunan Teknologi Drone di eksplorasi Minyak.

Sumber : http://www.futuristspeaker.com/wp-content/uploads/Drone-oil-exploration-1.jpg

 

Berikut ini adalah proses pemadaman kebakaran hutan dengan menggunakan Drone

Untitled4

Gambar 5. Ilustrasi Pemadaman  Hutan Menggunakan Drone