Berkenalan dengan Mendeley Desktop

Pendahuluan

Mendeley merupakan salah satu perangkat lunak manajemen referensi berbasis open source yang dapat diperoleh secara gratis dan mendukung berbagai platform seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, maupun Linux. Versi terbaru dari Mendeley bahkan sudah mendukung sistem operasi Android, sehingga perangkat ini dapat digunakan pada ponsel. Mendeley merupakan kombinasi dari aplikasi desktop dan situs web yang dapat digunakan untuk mengelola, berbagi, dan mencari referensi maupun kontak. Berikut fitur utama dari Mendeley Desktop(Mendeley support team, n.d.):

  • Ekstraksi detil dokumen (judul, penulis, nama jurnal, dll.) dari paper ke dalam database referensi. Fungsi ini sangat memudahkan user dalam memasukkan detil dokumen karena hal tersebut dapat dilakukan tanpa melakukan entri secara manual. Semakin banyak pengguna menggunakan Mendeley, maka kualitas ekstraksi yang diperoleh akan semakin baik.
  • Pengelolaan referensi yang efisien dengan menyediakan “live” full-text search terhadap seluruh paper dalam database. Proses pencarian yang sangat efisien sehingga hasil pencarian tersedia sesaat setelah pengguna selesai memasukkan kata kunci. Mendeley desktop juga menyediakan fungsi untuk melakukan filter database berdasarkan penulis, jurnal, maupun kata kunci. Koleksi dokumen dapat juga diberi catatan berupa notes atau tag untuk memudahkan pengorganisasian berdasarkan domain pengetahuan. Informasi detil dari dokumen juga dapat diekspor ke berbagai citation styles.
  • Berbagi pakai sebagian atau semua dokumen pada database dengan pengguna lain serta sinkronisasi pustaka referensi dengan data yang tersimpan di server web Mendeley. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam sebuah riset maupun penulisan karya ilmiah yang dilakukan oleh sebuah tim, pustaka referensi dari seorang anggota tim akan selalu sinkron dengan anggota-anggota tim lainnya.

Fungsi lain, seperti perangkat lunak plug-in Microsoft Word yang memungkinkan penulisan sitasi maupun daftar pustaka secara otomatis berdasarkan database Mendeley. Fungsi OCR (Optical Character Recognition) yang memungkinkan ektraksi detil dokumen secara otomatis terhadap paper hasil scan. Karena Mendeley merupakan perangkat lunak barbasis open source maka perkembangan dari perangkat ini sangat pesat, fungsi-fungsi lain senantiasa ditambahkan oleh anggota komunitas yang turut berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan dari Mendeley

Gambar 1 memperlihatkan tampilan dari Mendeley desktop.

Untitled

Gambar 1. Tampilan utama Mendeley desktop

Situs web Mendeley merupakan komplemen dari perangkat lunak Mendeley desktop yang memberikan fitur tambahan berikut:

  • Backup online terhadap database referensi, sehingga semua dokumen dapat diakses kapan pun dan dimana pun menggunakan internet browser.
  • Statistik database referensi yang berguna untuk mengetahui ketertarikan peneliti lain terhadap dokumen yang sudah tersimpan di server. Informasi seperti seberapa sering sebuah paper didownload, seberapa sering paper dibaca, peneliti dari disiplin akademik mana yang tertarik terhadap paper, trend ketertarikan peneliti lain (naik/turun), paper mana saja yang sering diakses oleh peneliti dalam domain tertentu, dan lain-lain.Informasi ini sangat bermanfaat saat kita ingin mengetahui ketertarikan peneliti lain terhadap karya tulis pribadi kita yang dipublikasikan di server web Mendeley.
  • Research network yang dapat digunakan untuk melacak publikasi dari kolega kita, partisipasi dalam konferensi, penghargaan, dan informasi lain yang dapat membantu kita mencari peneliti lain yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu bidang penelitian.
  • Sistem rekomendasi yang dapat memberikan saran mengenai paper-paper lain yang terkait dengan referensi yang sudah tersimpan pada database. Sistem ini berjalan secara otomatis dan memberikan rekomendasi berdasarkan pengetahuan apa yang sudah tersedia pada database referensi.

Gambar 2 memperlihatkan tampilan dari situs web Mendeley setelah pengguna melakukan log in ke dalam sistem dan memilih tab papers yang memperlihatkan daftar paper yang diurutkan berdasarkan tingkat popularitasnya.

Untitled2

Gambar 2. Tampilan situs web Mendeley setelah pengguna log in ke dalam sistem

Tulisan ini merupakan bagian pertama dari seri tulisan yang keseluruhannya terdiri dari lima bagian. Setiap bagian akan membahas penggunaan Mendeley untuk penulisan karya tulis ilmiah dengan fokus sebagai berikut:

  1. Berkenalan dengan Mendeley desktop
  2. Mempersiapkan database referensi
  3. Mengelola database referensi
  4. Melakukan sitasi dalam Microsoft Word
  5. Melakukan kolaborasi dengan peneliti lain

Berkenalan dengan Mendeley Desktop

Setelah Mendeley desktop ter-install pada sistem, maka perangkat ini akan siap digunakan setelah database referensi berisi paper/dokumen yang dapat dimasukkan secara manual dengan cara mendaftarkan paper berformat .PDF atau melakukan impor dari salah satu format sitasi yang didukung oleh Mendeley. Selain dengan cara manual, paper juga dapat dimasukkan secara otomatis dengan memanfaatkanwatched forder. Pembahasan mengenai bagaimana mempersiapkan database referensi akan dibahas secara detil pada bagian berikut dari seri tulisan ini. Gambar 3 memperlihatkan tampilan utama dari Mendeley desktop dan bagian-bagiannya setelah database referensi siap.

Untitled3

Gambar 3. Tampilan utama Mendeley desktop yang terdiri dari:
(1) Library Overview, (2) Reference List, (3) Document Details

Tampilan utama Mendeley desktop disebut sebagai Desktop Library(Doe, n.d.). Dekstop Library terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Library Overview (terletak di sebelah kiri), Reference List(terletak di tengah), Document Details(terletak di sebelah kanan). Library Overview berisi koleksi folder yang berisi tautan ke dokumen atau paper. Secara default tersedia folder All Documents, Recently Added, dan Favorites. Pengguna dapat menciptakan folder baru untuk memudahkan pengelolaan dokumennya. Bagian Library Overview juga menampilkan daftar group dimana pengguna tergabung dan dapat berkolaborasi di dalamnya. Reference List menampilkan daftar dokumen yang tersimpan pada folder yang dipilih pada bagian Document Overview. Misalnya pengguna mengklik folder Recently Added maka bagian Reference List akan berisi daftar dokumen yang terakhir dimasukkan ke dalam database Mendeley. Bagian Document Detail berisi detail dari dokumen yang dipilih oleh pengguna pada Reference List. Informasi yang disajikan pada bagian Document Detail menyesuaikan dengan jenis dokumennya. Sebagai contoh sebuah paper pada prosiding seminar akan berisi informasi berikut:

  • Judul paper
  • Penulis
  • Judul prosiding
  • Tahun terbit
  • Halaman
  • Kata kunci
  • Kota tempat pelaksanaan konferensi
  • Editor
  • Penerbit
  • URL
  • DOI

Semua informasi tersebut dapat diperoleh secara otomatis pada saat pengguna menambahkan dokumen pada database referensi, namun belum tentu semua atribut tersebut terisi karena hal tersebut sangat tergantung dari informasi yang dikandung oleh paper yang ditambahkan.

Bagian selanjutnya dari seri tulisan ini akan membahas bagaimana cara mempersiapkan database referensi pada Mendeley desktop, memasukkan dokumen ke dalam database secara manual maupun secara otomatis, melakukan impor referensi dari suatu situs web, serta melakukan sinkronisasi data.

Referensi

Doe, J. Q. (n.d.). Introduction to Mendeley. Retrieved July 6, 2015, from http://community.mendeley.com/teaching

Mendeley support team. (n.d.). What is Mendeley? Retrieved July 6, 2015, from http://support.mendeley.com/customer/portal/articles/227875-what-is-mendeley-

Sani M. Isa