PELATIHAN DAN CARA MENDAPATKAN BEASISWA KE LUAR NEGERI

Sebenarnya di sekitar kita banyak tersebar informasi untuk mendapatkan beasiswa guna melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Berbagai informasi ini kalau dicermati sebenarnya adalah peluang berharga yang tidak terjadi berulang kali dalam hidup kita. Karena itu peluang ini harus dimanfaatkan karena itu merupakan sarana untuk mengubah taraf atau kualitas hidup kita. Sayangnya tidak semua orang menyadari peluang yang tersedia di sekitarnya. Kenyatannya, karena minimnya informasi orang terlanjur berpandangan bahwa melanjutkan studi dengan beasiswa merupakan hal yang sulit atau mustahil didapatkan. Ini terjadi karena ia merasa tidak cukup cerdas untuk melanjutkan studi. Padahal penelitian menunjukkan orang sukses atau berhasil dalam studi tidak parallel dengan kecerdasannya, dengan kata lain untuk meraih keberhasilan dibutuhkan kemauan keras, tekad, selain juga strategi.

Menyadari hal tersebut Yayasan Harapan Bangsa di Yogyakarta bekerja sama dengan Binus University, memberikan pelatihan bertajuk “Melanjutkan Studi dengan Beasiswa Luar Negeri” pada 15 Mei 2015 di Gedung GSG, Seturan, Yogyakarta. Salah seorang dosen Magister Teknologi Informasi Binus University, Abba Suganda Girsang, Ph.D menjadi narasumber dalam acara tersebut. Acara tersebut mendapat sambutan antusias dan dihadiri sedikitnya 60 peserta.

Untitled4

Dosen yang pernah mendapat beasiswa program doctoral ke (NCKU) National Chengkung University of Taiwan ini memberi beberapa point kunci untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Secara umum point kuncinya adalah aspek motivasi dan teknis. Secara teknis, mahasiswa dibekali cara membuat proposal penelitian, menghubungi professor, meminta rekomendasi atau referensi yang diperlukan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kelengkapan dokumen dan syarat-syarat yang biasa diajukan institusi pemberi beasiswa. Secara motivasi, peserta diberi pencerahan dan semangat bahwa begitu banyak keuntungan bila berhasil mendapat beasiswa luar negeri. Hal lain juga, peserta diyakinkan bahwa setiap mereka bila punya tekad dan kemauan pasti bisa mendapatkan beasiswa yang diimpikan.

Hal ini langsung direspon positif oleh para peserta yang sebagian besar terdiri dari mahasiswa. Terbukti setelah selesainya acara, tidak sedikit mahasiswa bertanya, atau meminta CP narasumber agar bisa menghubunginya secara pribadi guna meminta nasihat dan bantuan teknis lainnya.

Untitled5

 

 

Abba Suganda Girsang