MASHUP

Mashup adalah suatu istilah di dunia web yang merupakan perpanjangan dari bentuk portal yang sudah ada sebelumnya. Mashup adalah campuran konten atau elemen dari berbagai situs web. Sebagai contoh, sebuah aplikasi yang dibangun dari modul-modul yang diambil dari berbagai sumber dapat dikatakan sebagai mashup. Mashup merupakan aplikasi web yang mengkombinasikan konten dari banyak sumber ke dalam sebuah portal yang terintegrasi. Hal ini juga merupakan definisi dari semantik web. Istilah mashup muncul pada tahun 2006, merupakan paradigma baru yang diharapkan dapat menjadi pencatu kemajuan pada web 2.0. Konten mashup diambil dengan Application Programming Interface (API) yang melekat dengan RSS atau AtomFeeds dengan data web. Dengan demikian, ekstraksi informasi menjadi hal yang cukup menarik. Desainer aplikasi mashup adalah pengguna di perusahaan yang membutuhkan aplikasi khusus (ad-hoc) tanpa perlu melibatkan personil teknologi informasi atau pemakai akhir.

Mashup biasanya melibatkan berbagai sumber informasi. Mashup juga memberi nilai tambah kepada pengguna, yang dirasakan melalui web browser yang mereka gunakan. Mashup tidak harus selalu berupa integrasi yang terlihat langsung, namun dapat berupa integrasi yang berbasis pada pemahaman pengguna pada konten yang dimunculkan berikutnya. Mashup biasanya terbatas pada data yang tersedia pada feeds yang terstruktur dan database. Mashup dapat juga mencakup web dan ekstraksi web yang merupakan teknologi yang memungkinkan terbentuknya mashup.

 

Mashup dapat dikatakan sebagai web yang dapat diprogram. Web dalam hal ini digunakan sebagai platform atau API dan protokol yang ringan (lightweight protocol). Komunitas mashup yang dapat diakses pada http://www.programmableweb.com/faq memiliki strategi pengembangan dan pembentukan layanan-layanan baru. Matriks mashup web 2.0 http://www.programmableweb.com/matrix menjabarkan antarmuka seprti yang ditawarkan oleh penyedia layanan.

 

Ada banyak jenis mashup, seperti mashup bisnis (business mashups), mashups konsumen (consumer mashups), data mashups ( mashups data).

Business (atau enterprise) mashups mendefinisikan aplikasi yang menggabungkan sumber daya, aplikasi dan data mereka sendiri, dengan layanan Web eksternal lainnya. Mereka memusatkan data ke dalam satu presentasi dan memungkinkan tindakan kolaboratif di kalangan bisnis dan pengembang. Ini bekerja dengan baik untuk proyek pengembangan tangkas, yang memerlukan kolaborasi antara pengembang dan pelanggan (atau proxy pelanggan, biasanya manajer produk) untuk menentukan dan menerapkan persyaratan bisnis. Mashup Enterprise adalah aplikasi Web yang aman dan kaya secara visual yang mengekspos informasi yang dapat ditindaklanjuti dari beragam sumber informasi internal dan eksternal.

Mashup konsumen menggabungkan data dari beberapa sumber publik di browser dan mengaturnya melalui antarmuka pengguna peramban yang sederhana. (misalnya .: Wikipediavision menggabungkan Google Map dan API Wikipedia.

Mashup data, berlawanan dengan mashup konsumen, menggabungkan jenis media dan informasi serupa dari berbagai sumber ke dalam satu representasi tunggal. Kombinasi semua sumber daya ini menciptakan layanan Web baru dan berbeda yang awalnya tidak disediakan oleh salah satu sumber

(Mohammad Shobri , Anisa Amalia Muslimah, Gotman Parningotan Panggabean , Feliks Abedyoga Chandra Parapat )

 

Abba Suganda Girsang