METODE WEBSOCKET PADA APLIKASI REAL TIME GPS TRACKING

Christian dan Benfano Soewito

Di abad ke dua puluh satu ini perkembangan teknologi sangatlah pesat, kehidupan sehari-hari pun tidak bisa terlepas dari perihal teknologi internet dan juga perangkat-perangkat yang mendukung berjalannya proses bisnis yang memberikan nilai-nilai baru yang sangat menjanjikan dari segi efisiensi kerja dan juga produktifitas yang tinggi antara lain proses komputerisasi bentuk inventaris perusahaan berbasis internet, aplikasi pembukuan perusahaaan yang bisa diakses dari manapun dan kapanpun.

Seiring berjalannya waktu saat ini teknologi komputer tidak hanya digunakan sebagai sarana konvensional untuk pengolahan data tetapi juga sebagai sarana sistem pelacakan kepada kendaraan dinas yang perlu dimonitor untuk meningkatkan nilai kedisiplinan para tenaga kerja pemasaran dan penjualan di lapangan, pengintegrasian dari teknologi komunikasi wireless dengan modul GPS receiver dapat menghasilkan informasi terkait. Kemajuan dalam teknologi GPS lingkungan dan kemampuan peta internet sangat membantu pengembangan Web Services dalam solusi pelacakan, berbagai macam perangkat lunak dan sistem dikembangkan untuk analisa pelacakan dan visualisasi GPS. Seiring bertambahnya perangkat Smartphone yang dimanfaatkan oleh berbagai pengguna dapat memberikan sumber informasi sebagai contoh adalah penggambaran posisi.

Konsep Real Time GPS Tracking, tidak terlepas dari kemelekatannya dengan sistem pendukung yang dinamakan “Sistem Pemosisi Global” atau yang biasa lebih kita kenal dengan kata Global Positioning System atau GPS. Beberapa jenis penelitian yang sudah dihasilkan dibidang penelitian ini telah diterapkan dalam kehidupan keseharian. Penelitian tersebut antara lain adalah jurnal Jinendra et al.(2012) menggambarkan sekarang ini telepon selular merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, maka dari itu berdasarkan aplikasi yang berbasis telepon genggam dibuatlah aplikasi yang memiliki konsep menggunakan GPS untuk menemukan lokasi pengguna, kemudian mencari lokasi dipeta menggunakan “Google Map” dan menampilkan objek wisata di sekitarnya menggunakan database yang sudah ada dan Yahoo Travel lengkap dengan laporan cuaca, jarak kota, layanan video dan peta.

Penelitian serupa lainnya oleh Kolhe et al.(2014) yang memiliki konsep aplikasi melacak keberadaan user melalui perangkat Android yang dimilikinya, lalu menindai lokasi kordinat dari user tersebut dan merekam rute-rute yang dipilih dalam perjalanan tersebut secara real-time dan menyimpannya dalam perangkat androidnya sebagai review dan sekaligus dapat dimanfaatkan penggunaan lebih lanjut.

Penelitian selanjutnya yang sangat berkaitan dengan Real Time GPS Tracking adalah penelitian berdasarkan jurnal Alharaki et al(2010) yang memiliki tujuan penelitian menghubungkan GPS tracking system lewat web-based application dengan navigasi GPS untuk mobil yang disewakan dimana aplikasi dapat digunakan untuk memonitor mobil yang disewakan tersebut, dan memungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dengan navigasi GPS tersebut. Penelitian tersebut menunjukan keuntungan yang didapatkan lewat menerapkan sistem navigasi GPS tersebut dimana operasi antara pekerja dan pelanggan lebih baik karena bukan hanya komunikasi yang lebih baik, namun dengan menunjukan rute yang lebih baik, pemantauan penggunaan bensin, batas kecepatan ideal, memperbaharui kontrak penyewaan mobil dan tentunya kepastian pemantauan lokasi mobil tanpa khawatir adanya pelanggaran yang dilakuktan oleh pelanggan seperti kehilangan dan pencurian.

Tinjauan pustaka terhadap penelitian sebelumnya menyangkut penelitian terhadap metode yang diterapkan dalam metode push server di web berdasarkan kepada jurnal Shuang & Feng (2010) yang memberikan pengenalan terhadap beberapa metode yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan web dengan fitur push server, jurnal ini juga dilengkapi dengan rangkuman dari tiap-tiap metode yang dipaparkan pada jurnal tersebut, beberapa poin penting yang tercantum pada jurnal tersebut adalah perbandingan performa dan juga kelebihan serta kekurangan beberapa metode push server diantaranya metode polling  dan metode websocket yang digunakan pada penelitian ini.

Penelitian serupa masih terkait metode push server dilakukan terhadap jurnal Liu & Sun (2012) yang juga membandingkan metode websocket dan juga metode polling dalam ruang lingkup komunikasi real-time, jurnal ini merangkum dan menganalisa performa dari metode websocket untuk terhubung antara client dan server dan menunjukan keunggulan performa yang ditunjukan oleh metode websocket.

Berdasarkan tinjauan pustaka yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem navigasi GPS merupakan bagian yang penting dalam memberikan informasi yang transparan dan mendukung efektifitas  melalui pemantauan sekaligus memberikan pedoman rute terbaik terutama dengan pemanfaatan telepon seluler sebagai bagian penting dalam keseharian dan membutuhkan metode yang tepat dalam push server pada kondisi yang tepat yang dapat diukur melalui beberapa tolak ukur seperti jumlah paket, dan poin traffic lainnya seperti bandwidth.

            Salah satu method dalam system website yang dapat meningkatkan performance adalah metode websocket. Websockets adalah metode pertukaran data HTTP atau web traffcing dimana metode websockets memanfaatkan metode request dan response dari HTTP pada umumnya namun client-side melakukan permintaan untuk membuka status open – connection dengan server sehingga server dan client dapat berkomunikasi dan melakukan pertukaran data dua arah ketika ada data baru tersedia secara real time tanpa mengulang keseluruhan protokol HTTP.

            Websockets sendiri merupakan teknologi yang menyediakan suatu jalur sendiri dalam mendukung komunikasi dua arah (full-duplex bi-directional) dalam satu protokol TCP, namun websockets membutuhkan dukungan kompatibilitas dari sisi server dan juga client browser terhadap prosedur websocket. Kelebihan dari websockets sendiri adalah meningkatkan efisiensi dan utilisasi bandwidth namun juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan TCP yang stabil dalam memelihara koneksi dan tidak didukung oleh semua browser dan webserver. (Shuang & Feng, 2013). Alur kerja yang lebih detail pada metode polling akan diilustrasikan pada gambar dibawah ini.

Reference:

Akinode, J. L, Alawode A. J., & Ojuawo O.O. (2011). Improving National Security using GPS Tracking System Technology. African Society for Scientific Research: Omoku, Nigeria.

Alde, A., Lange, D., Kadam, P. (2011). GPS-Global Positioning System & its Applications. International Journal of Functional and Logical Programming. 2011 (1): 01

Alharaki, O.O., Alaieri, F.S., Zeki, A.M. (2010). The Integration of GPS Navigator Device with Vehicles Tracking System for Rental Car Firms. International Journal of Computer Science and Information Security 8(6)

Burnette, E. (2010). Hello, Android: Introducing Google’s Mobile Development Platform. (3rd edition). Dallas: Pragmatic Programmers.

Chen, Zhirong., Ling Zhu, Yu Teng. (2010). Application of GIS/GPS Technology in Mobile Logistics Public Information Platform. IEEE International Conference, College of Science NUoTN. China.

Dadape Jinendra R., Jadhav Bhagyashri R., Gaidhani Pranav Y., Vyavahare Seema U., AchaliyaParag N. (2012). Smart Travel Guide: Application for Android Mobile. 1st International Conference on Recent Trends in Engineering & Technology.

Frazel, Midge. (2009). Using Google and Google Tools in the Classroom, Grades 5 & Up.

Jimmy LaMance and Javier DeSalas. (2002). Innovation Assisted GPS a Low-infrastructure approach.

Liu, Q., & Sun., Xiangyang. (2012). Research of Web Real-Time Communication Based on Web Socket.

Lubbers, P., & F. Greco, P. (2010). “HTML5 Web Sockets: A Quan- tum Leap in Scalability for the Web,”

Meier, Reto. (2012). Professional Android 4 Application Development.

Rakhunde, S.M. (2014). “Real Time Data Communication over Full Duplex Network Using Websocket”.

Salman, Ahmad, W., Ali, R., Saleem, S. (2015). A Research on Mobile Application for Location Tracking Through Web Server and Short Messages Service (SMS).

Seung-Bum AHN. (2005). Container Tracking and Tracing System to Enchance Global Vibility. 1719-1727.

Shuang, K. & Feng, K. (2013). “Research on Server Push Methods in Web Browser based Instant Messaging Application”.

Benfano Soewito