Implementasi DSM di Dunia Industri Otomotif

Penulis

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama

Computer Science Department, BINUS Graduate Program-Master of Computer Science, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

ditdit.utama@binus.edu

“DSM mampu memberikan saran untuk menentukan pilihan atas jenis kendaraan pribadi sesuai dengan karakteristik pelanggannya” (Inayatulloh et al. 2018)

Pemilihan jenis kendaraan individu dapat dikatakan gampan-gampang susah. Pengalaman dan rekomendasi seseorang, tidaklah cukup untuk memuaskan pelanggan di dalam pemilihan kendaraan pribadi, di antara begitu banyaknya alternatif pilihan atas jenis dan tipe kendaraan pribadi. Selain itu, faktor penentu pengambilan keputusan atas pemilihan kendaraan pribadi pun tidaklah sedikit. Salah satu cara adalah bagaimana kita memodelkan fenomena tersebut, sehingga model yang dikembangkan akan menguji berbagai jenis alternatif pilihan tersebut untuk dapat memberikan saran keputusan yang seobjektif mungkin.

Kembali, Decision support model (DSM), dapat diandalkan secara praktis, sebagai salah satu model yang mampu memberikan saran objektif atas alternatif keputusan yang akan diambil. Dalam hal pengambilan keputusan untuk memilih jenis kendaraan pribadi, Inayatulloh et al. (2018) telah berhasil mengembangkan model dasar yang mampu memberikan saran keputusan kepada para pelanggan yang akan memilih jenis kendaraan pribadi sesuai dengan karakteristik pelanggan tersebut secara personal.

Parameter personal pelanggan yang dipertimbangkan di antaranya adalah budget untuk membeli kendaraan pribadi, jumlah anggota keluarga, jenis bahan bakar yang diinginkan, jenis transmisi kendaraan yang diinginkan, dan lain sebagainya. Kesemua parameter personal tersebut akan diadu dan dibandingkan untuk dilihat kesamaannya dengan parameter kendaraan peribadi yang telah berhasil dipetakan. Parameter kendaraan pribadi yang berhasil dipetakan di antaranya adalah jenis gaya hidup, jarak tempuh berkendara, kerpibadian, dan gaya perjalanan; selain berbagai jenis karakteristik yang melekat pada kendaraan pribadi tersebut, seperti jenis bahan bakar, jenis transmisi, dan harga jual kendaraan tersebut.

Demikian, sehingga DSM yang berhasil dikembangkan, mampu memberikan saran terbaik (the fittest) dari kendaraan pribadi yang akan dibeli/dipilih. Di dalam studi ini, 22 jenis kendaraan pribadi dari berbagai merek dagang telah berhasil disimulasikan secara individu dari berbagai pelanggannya. Ini menjadi salah satu bentuk kontribusi penelitian di dalam domain ilmu DSM di bidang industri, khususnya pada area yang lebih sempit yaitu pemasaran otomotif kendaraan pribadi.

Referensi

Inayatullah, Pratama, L., Fatia, F. N., Efendi, M. Y. F., Viandari, O., and Utama, D. N. 2018. A Fuzzy-Euclidean Intelligent Fitness Model (FEIFM) Implementation for Selecting Personal Vehicle. INAPR International Conference, pp. 29-33.

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama