Algoritma Daur Hidup Kupu-Kupu untuk Menghitung Kualitas Tumbuhnya Perusahaan

Penulis

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama

Computer Science Department, BINUS Graduate Program-Master of Computer Science, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

ditdit.utama@binus.edu

Sebuah algoritma perhitungan yang mengadaptasi proses alamiah daur hidup kupu-kupu telah berhasil dikembangkan oleh Utama et al. (2019). Algoritma yang dimaksud berhasil menganalogikan perkembangan perusahan dengan daur hidup kupu-kupu dari mulai telor sampai menjadi kupu-kupu dewasa, atau yang sering kita kenal dengan proses metamorfosis kupu-kupu.

Setiap tahapan metamorfosis kupu-kupu yang terjadi pada dunia nyata, memiliki karakteristik dan tingkah laku yang unik dan spesifik. Dengan berbagai parameter yang diperhatikan (seperti kondisi lingkungan dan juga kemampuan adaptasi kupu-kupu), analogi ini telah mampu menjadi ilustrasi nyata perkembangan/pertumbuhan sebuah perusahaan.

Sebuah nilai yang menggambarkan kualitas daur hidup metamorfosis kupu-kupu berhasil dihitung. Dimana, empat jenis kondisi lingkungan menjadi parameter utamanya; suhu, kelembaban, jumlah predator, dan ketersediaan makanan. Semua menjadi parameter lingkungan yang dilibatkan di dalam algoritma yang telah berhasil dikembangkan ini.

Secara paraktis, keempat jenis parameter tersebut berhasil menjadi analogi faktor keberhasilan pertumbuhan perusahaan; seperti networking, human resource, financial, dan technology. Analogi parameter-parameter dan nilai-nilai parameter inilah yang berhasil dibangkitkan untuk dapat menilai kinerja pertumbuhan perusahaan.

Algoritma perhitungan ini dapat dipadupadankan dengan metode perhitungan manajemen yang lainnya. SWOT dan balanced scorecard adalah dua jenis metode manajemen yang dapat dipadupadankan untuk dengan algoritma yang dimaksud untuk menghitung kualitas sebuah kinerja proses manajemen sebuah perusahaan.

Referensi

Utama, D. N., Mitchell, A., Fieri, B., and  Richard, H. 2019. A simple butterfly lifecycle algorithm for measuring company’s growth performance. Annual Conference on Industrial and System Engineering (ACISE), Semarang-Indonesia.

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama