Professional Development oleh Qunie Corporation Mengenai Aplikasi Big Data di Industri

Pada hari Senin  24 Juni 2019, dilakukan program in-house training di ruang 808, lantai 8 kampus Anggrek. Pada kesempatan ini, Binus sangat beruntung karena dapat mengundang salah seorang pakar teknologi informasi dari Jepang, yaitu Dr. Masahiro Ide dari Qunie Corporation untuk menjadi pembicara dalam sesi kuliah umum. Dr. Masahiro Ide adalah managing director dari Qunie Corporation, yang merupakan perusahaan konsultan anak perusahaan dari NTT group Japan. Dr. Masahiro Ide sudah berpengalaman puluhan tahun dalam menangani berbagai proyek IT dengan klien perusahaan-perusahaan ternama di Jepang. Dr Masahiro Ide meraih gelar PhD di bidang Mathematic dan Information Science dari Nanzan University, Jepang. Di sela kesibukannya, beliau juga menjadi visiting lecturer di Tokyo University of Agriculture and Technology.

Sesi training terdiri dari dua sesi. Sesi pertama adalah sesi lecture dengan topik “Advanced Big Data Usage and Data Scientist Development in Japan”. Sesi ini dimulai oleh Dr. Eng. Nico Surantha, dosen Magister Teknik Informatika selaku moderator. Dalam sesi mengajarnya, Dr. Masahiro Ide menjelaskan pengertian dasar big data dan contoh kasus penerapan big data di industry di Jepang. Dr. Ide juga menjelaskan bahwa data scientist juga merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sangat diminati oleh anak muda Jepang akhir-akhir ini. Di sesi kedua, Dr. Ide memberikan workshop mengenai penggunaan big data dalam bisnis. Pertama, Dr. Ide menjelaskan mengenai alur dalam analisa big data. Lalu, Dr. Ide menantang peserta untuk menentukan topik sendiri dan memikirkan data apa yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan proses bisnis di bidang tersebut.

 

Dosen-dosen BGP mengikuti acara ini dengan antusias, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam sesi diskusi. Di akhir acara, para peserta mendapatkan sertifikat sebagai bukti partisipasi dalam seminar.

 

Nico Surantha