Sesi Kuliah Tamu dengan Topik “How to Build a Better Data Pipeline” oleh Bapak Ananda Budi Prasetya, S.Kom., M.Kom. Kamis, 16 Juli 2020

Pada hari Kamis, 16 Juli 2020 yang lau telah diadakan sesi kuliah tamu (guest lecture) di Magister Teknik Informatika (MTI), Universitas Bina Nusantara dengan pembicara Bapak Ananda Budi Prasetya, S.Kom., M.Kom. Saat ini Beliau menduduki jabatan sebagai Head of Data and Business Intelligence Engineering di Mapan – PT. Ruma. Beliau memperoleh pendidikan S1 dan S2 dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Sesi kuliah tamu diadakan secara online di tengah pandemi COVID-19 saat ini menggunakan video conference. Materi yang disampaikan berjudul “How to Build a Better Data Pipeline”. Topik ini erat kaitannya dengan pengalaman beliau di dunia industri dan relevan dengan topik matakuliah yang telah diambil oleh para mahasiswa, yakni “Big Data Analytics” dan “Advanced Database”. Sesi dihadiri oleh 24 mahasiswa jalur MasterTrack, yakni program bundle S1 dan S2 Ilmu Komputer di Binus.

Jika membaca judul sesi kuliahtamu yang diberikan, yakni How to Build a Better Data Pipeline, tentunya didasari oleh latar belakang permasalahan tertentu. Masalah pertama adalah tidak adanya versi tunggal dari suatu data yang valid/benar. Akibatnya, saat perusahaan ingin mengambil sejumlah keputusan, perusahaan mengalami kesulitan dikarenakan tidak didasari oleh data yang valid. Hal ini bisa berdampak pada penurunan kualitas keputusan yang diambil, yang nantinya berakibat lebih panjang ke proses bisnis yang dilakukan perusahaan. Padahal, data merupakan aset yang sangat penting yang perlu diatur sedemikian rupa agar lebih mudah dikelola saat perusahaan berkembang ke depannya, sehingga visi dan misi perusahaan dapat tetap dijalankan dengan baik.

Pengolahan data dilakukan berdasarkan karakteristik data itu sendiri di setiap tingkatan. Gambar 1 berikut ini menunjukkan tingkatan data mulai dari data mentah (raw data) hingga yang bersifat ringkasan di level Data Mart.

Gambar 1. Tingkatan Data Beserta Karakteristiknya (sumber: materi kuliah tamu)

Data mentah bersifat detil dan lebih cocok untuk penggunaan secara teknis di level bawah dari strata managerial suatu perusahaan. Semakin ke atas, karakteristik data mengarah ke ringkasan dan lebih cocok untuk mendukung aspek bisnis di level manajer ke atas, dalam rangka melandasi proses pengambilan keputusan dan strategi perusahaan. Untuk mentransformasi data mulai dari data mentah hingga berbentuk ringkasan di Data Mart dan Data Warehouse, dibutuhkan sejumlah tahapan, yang dikenal dengan data pipeline. Pada sesi kuliah tamu ini, dibahas secara mendalam setiap bagian dari infrastruktur data pipeline tersebut beserta contoh-contoh aplikasinya. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai infrastruktur data pipeline yang baik, tetapi juga contoh aplikasi yang dapat mereka gunakan untuk kebutuhan tugas perkuliahan maupun penelitian thesis.

Gambar 2. Screenshot Halaman Zoom Saat Sesi Kuliah Tamu Berlangsung

Sesi akhir dari kuliah tamu ini diisi dengan tanya jawab antara mahasiswa dengan pembicara. Pertanyaan yang diajukan lebih banyak yang bersifat teknis dan praktikal yang erat kaitannya dengan matakuliah yang mereka ambil maupun penelitian thesis yang sedang mereka lakukan. Pembicara pun menyampaikan penjelasan lengkap dengan contoh-contoh yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

Amalaia Zahra