Model Komputasi Tanaman Virtual untuk Penunjang Keputusan (MKTVPK)

 

 

Penulis

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama

Computer Science Department, BINUS Graduate Program-Master of Computer Science, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

ditdit.utama@binus.edu

 

Sebut saja MKTVPK, model komputasi tanaman virtual untuk penunjang keputusan. Merupakan bidang ilmu dan penelitian, yang menggabungkan dua jenis domain ilmu, yang juga merupakan bagian kecil dari domain ilmu yang lebih besar. Dalam hal ini, MKTVPK merupakan gabungan dari dua jenis domain penelitian model komputasi tanaman virtual (MKTV) dan model penunjang keputusan (MPK). Interkoneksi di antara keduanya akan menghasilkan banyak kontribusi, baik itu kontribusi pengetahuan maupun praktis.

Jadi, MKTV yang dibuat dan dikembangkan, akan dapat digunakan untuk studi lanjutan. Hasil simulasi, komputasi, dan perhitungan, yang melibatkan berbagai sumber ilmu yang ada, sangat mumpuni untuk digunakan di dalam kajian lanjutan dan dibuat dalam sebuah pemodelan pengambilan keputusan sesuai dengan isu yang diangkat. Baik itu keputusan-keputusan yang bersifat operasional maupun strategis.

Tentu, berbicara keputusan, sangat kental hubungannya dengan kebijakan; termasuk kebijakan publik di dalamnya. MKTV itu sendiri, menghailkan kajian yang sangat kuat hubungannya dengan orientasi alam dan lingkungan. Berbagai jenis aspek alam dan lingkungan dilibatkan, untuk melihat simulasi dari berbagai jenis tanaman vitual baik morfologisnya, fisiologisnya, dan statistiknya. Sehingga, sangat dapat diprediksi dan diperkirakan, bahwa MKTVPK merupakan model yang dikembangkan yang akan mampu memberikan saran-saran keputusan (operasional dan strategis) yang berorientasi lingkungan dan keseimbangan alam.

 

Referensi

  1. N. Utama. 2015. The optimization of 3-d structure of plants, using functional-structural plant models. Doctoral dissertation, Fakultät für Mathematik und Informatik, Georg-August-Universität Göttingen.
Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama