Model Penunjang Keputusan untuk Perencanaan Produksi Strategis berbasis Daur Hidup Produk

 

 

Penulis

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama

Computer Science Department, BINUS Graduate Program-Master of Computer Science, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

ditdit.utama@binus.edu

 

Artikel Elysia and Utama (2020) baru saja terbit di salah satu jurnal internasional. Artikel ini bercerita mengenai proses pengambangan model penunjang keputusan (MPK) yang digunakan untuk menentukan keputusan pada perencanaan produksi strategis dengan menggunakan pendekatan utama yaitu pendekatan daur hidup produk (DHP). Selain DHP, di dalam pengembangan model, penulis juga menggunakan metode logika fuzzy untuk pengurangi kadar bias semua hasil perhiutngan dan metode optimasi Latin hypercube hill climbing (L2HC) untuk mengoptimasi keputusan terpilih.

Model yang dibangun merupakan MPK jenis baru, dan sangat menarik, serta masih terbuka untuk dikaji lebih lanjut, dimana model dapat menilai posisi sebuah produk pada DHP level. Seperti apa yang kita ketahui bersama, bahwa DHP memiliki empat tingkatan atau level: introduction, growth, maturity, and decline. Berdasarkan historical data atas sepuluh parameter yang dipertimbangkan, lantas dicocokan dengan karakteristik yang melekat pada setiap level atau tingkatannya, MPK mampu menyimpulkan bahwa sebuah produk yang dinilai masuk ke level yang mana dari empat level DHP tersebut.

Tidak berhenti disana saja. MPK yang dikembangkan pun mampu memberikan saran atas keputusan strategis yang harus diambil oleh pemilik produk (perusahaan). Keputusan strategis ini berhubungan erat dengan kebijakan untuk merespon apa yang harus dilakukan terhadap produk yang telah dinilai tersebut.

Di dalam ujicoba model yang telah dilakukan, peneliti menggunakan lima jenis produk. Terhadap kelima jenis produk tersebut disarankan berbagai jenis keputusan yang sesuai dengan posisi pada DHP masing-masing. Tentu, keputusan ini sangat berguna, khususnya bagi bagian produksi di sebuah perusahaan, untuk dapat mempertahankan atau meningkatkan penjualan produk tersebut.

Referensi

  1. Elysia, and D. N. Utama. 2020. Decision support model for optimal decision in strategic production planning based on product life cycle. ICIC Express Letters, Part B: Applications, 11(12), pp. 1105-1114.
Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama