Ventoy,si Pintar pembuat Boot-able Disk

 

Sebuah media penyimpanan USB flashdisk dapat diisi dengan bermacam Operating System (OS) dan disetting untuk memiliki fitur bootable. Saat media penyimpanan berbentuk cakram (CD/DVD ROM) masih menjadi favorite, biasanya OS ini disimpan dalam bentuk kepingan cakram dan hanya dapat menampung satu jenis OS, misalnya Windows / macOS / linux. Bila kita sering menginstall OS pada banyak komputer, maka kepingan CD/DVD tersebut harus selalu kita bawa, semakin banyak pilihan OS akan semakin banyak cakram CD/DVD yang harus kita sediakan. Belum lagi kecepatan read dari CD/DVD yang lebih terbatas dibandingkan USB flashdisk, akan membuat proses instalasi OS menjadi lebih lama.

Saat ini sudah banyak sekali merk-merk flashdisk dengan berbagai macam ukuran tersedia pada pasaran. Media penyimpanan ini dapat menggantikan pendahulunya yang berbentuk cakram CD/DVD untuk membantu kita dalam proses instalasi OS, tidak terbatas hanya satu OS, namun bisa terdapat berbagai OS didalamnya. Kita hanya perlu menyiapkan dan memilih OS mana yang akan kita install pada sebuah komputer. Hal ini akan sangat membantu para teknisi atau user dimana ukuran flashdisk yang secara dimensi sangat ringkas dan dapat berisi beragam OS beserta aplikasi-aplikasi pendukung didalamnya.

Salah satu aplikasi yang dapat membuat flashdisk menjadi bootable disk adalah Ventoy. Aplikasi gratis ini dapat didownload melalui situs github nya. Untuk itu sediakan flashdisk dengan minimal 8GB, karena untuk 1 file ISO OS biasanya berukuran 4GB.

Pada tutorial ini akan digunakan bahan-bahan sebagai berikut:

  • OS: Windows 10
  • Aplikasi Ventoy dengan versi: 1.0.14
  • USB Flashdisk merk Sandisk dengan ukuran 16GB.
  • Beberapa file ISO OS: Windows 10, Linux, Android

Dr. Eng. Antoni Wibowo, S.Si., M.Kom., M.Eng