Configuration Management Database vs Asset Management: Perbedaan Antara Aset dan Konfigurasi

 

Komponen Software dan hardware mendukung setiap produk atau servis yang kita tawarkan. Mengelola komponen-komponen tersebut sangatlah vital, aktivitas yang berbasis nilai dalam pengelolaan IT, tapi itu semua tidak mudah. Pengelolaan ini mencakup semua sumberdaya perusahaan, mulai dari pegawai, informasi, dan teknologi hingga aliran nilai, proses, mitra dan pemasok.

Untuk sukses mengelola komponen ini, kita mesti tahu apa yang kita miliki. Ini merupakan tantangan bagi hamper semua perusahaan. 2 praktik ITSM, asset management dan configuration management, memandu anda menuju management komponen yang sukses. 2 praktik ini mungkin serupa, tapi tidak sama: configuration management database mengandung beberapa asset, tetapi asset management melampaui konfigurasi item yang terdiri dari management konfigurasi.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan assets dan configuration items (CIs), membandingkan asset management dengan configuration management, dan menyediakan sumber tambahan untuk dieksplor.

Defining assets and configuration items

          Sebelum kita membahas asset management dan configuration management, mari kita bahas terlebih dahulu terkait perbedaan asset dan configuration.

  • Asset diartikan sebagai segala hal yang berguna atau memiliki nilai dalam suatu produk atau layanan. Nilai ini umumnya ditentukan secara finansial: berapa biaya asset vs berapa banyak yang dihematnya.
  • Configuration item adalah komponen yang harus dikelola untuk memberikan layanan IT.

Sekilas keduanya terlihat sama, tapi sebetulnya tidak. Pertama, kesamaannya. Baik assets dan configuration items terdiri dari komponen dasar yang memberikan produk dan layanan ke pelanggan. Di dalam lingkuan ITSM, komponen ini bisa meliput aplikasi mobile, server virtual, infrastruktur jaringan, lisensi perangkat lunak dan basis data.

First, the similarities. Assets and configuration items both comprise the underlying components that deliver products and services to customers. In an ITSM environment, these components could include mobile apps, virtual servers, networking infrastructure, software licenses, and databases.

Perbedaan terbesar antara keduanya? Semua configuration items memenuhui syarat se