Manajemen Jaringan : Teori Dan Praktek

2140072254 – Fikriansyah Albakri

Seiring dengan besarnya volume informasi yang ditangani, komputer pribadi dirasakan mulai usang, karena mulai ditemukan hambatan, proses penyebaran dan komunikasi informasi diantara pemakai, masing-masing dengan komputer pribadinya berjalan lambat dan mudah menimbulkan kesalahan. (Stallings, 1985). Namun karena adanya perkembangan dunia komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak yang sangat pesat, masalah tersebut dapat diselesaikan yaitu dengan menghubungkan komputer pribadi satu dengan komputer pribadi lainnya dalam suatu jaringan komputer lokal maupun dengan jaringan komputer global/dunia.

Berikut beberapa keuntungan jaringan :

  1. Memungkinkan Resource sharing merupakan pengguna dapat berbagi pakai sumber daya yang terdapat dan terhubung ke jaringan komputer tersebut. Sumber daya tersebut dapat berupa perangkat keras seperti printer dari masing-masing meja kerja, maupun perangkat lunak seperti pembelian lisensi perangkat lunak menjadi lebih murah dibandingkan membeli tisensi stand-alone sebanyak sejumlah pengguna.
  2. Membantu mempertahankan infonnasi agar tetap ada dan up-to-date. Dengan sistem data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda.
  3. Membantu mempercepat proses berbagi data ( data sharing ). Mentransfer file pada jaringan lebih cepat dibandingkan sarana berbagi file lainnya yang bukan jaringan.
  4. Memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Merupakan surat elektronik (e-mail) dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping pemantauan proyek, konferensi on-line, groupwarel dimana semua bertujuan membantuk team kerja lebih produktif.
  5. Membantu pelaku bisnis dalam melayani klien mereka dengan lebih efektif, akses jarak jauh ke data terpusat memudahkan karyawan melayani klien di lapangan, dan klien dapat berkomunikasi langsung dengan pemasok.

Administrator herus orang yang dapat dipercaya dan harus terlibat.dalam setiap aspek rancangan, pemilihan, dan implementasi, sistem jaringan. Selain administrator Juga dibutuhkan personil lain tergantung kompleks tidaknyajaringan komputer :

  1. Administrator database bertanggung jawab terhadap pemrograman dan pemeliharaan multirelasi database raksasa dalam lingkup jaringab, dan mengatur kemudahan akses langsung ke database oleh pengguna jaringan.
  2. Manager kelompok kerja bertanggung jawab atas pemecahan masalah, implementasi standar dan solusi, peninjauan kinerja, peningkatan efisiensi kelompok individu tertentu yang terhubungm sebagai suatu kelompok, ke lingkup jaringan yang lebih besar.
  3. Staff Pendukung bertanggung jawab memberi bantuan teknis kepada administrator sistem dalam lingkup jaringan yang besar dan kompleks. Memberikan solusi pemecahan masalah rutin serta pelatihan di tempat pengguna

Manager jaringan yang baik memikul tanggung jawab mendasar berikut berkenaan dengan jaringan. Mereka harus:

  1. Memahami Sistem, manager yang baik memerlukan dua hal : pengetahuan tentang ciri teknis (yang didapat dari pelatihan formal), serta pengetahuan tentang kinerja nyata, yang hanya dapat diperoleh dari pengalaman sehari-hari. Dengan kata lain semakin lama manager tersebut bekerja dengan sistem, maka semakin baik kualitasnya.
  2. Memelihara Backup

Terdapat tiga strategi dasar untuk memelihar seumlah backup :

  1. full backup seluruh data penting di backup , dengan kerugian sangat memakan waktu lama. Keuntungannya sangat terasa apabila perlu memulihkan data, seluruh file data versi paling baru disimpan Bersama dalam satu paket besar.
  2. Incremental backup penentuan file mana yang telah ditambah atau dimofidikasi yang benar benar di backup. Proses backup ini adalah yang tercepat

  1. Differential backup sistem ini terletak diantara dua jenis backup terdahulu, system backup ini membaca atribut tanggal file data, dan hanya membackup file yang telah ditambah atau diubah setelah full backup terakhir.
  2. Memelihara system log

Berikut adalah unsur mendasar dari system log :

  1. Spesifikasi perangkat keras
  2. File Boot
  3. Struktur Direktori
  4. Profil Pengguna
  5. Login Script Sistem
  6. Catatan harian konfigurasi
  7. Catatan harian perangkat lunak
  8. Standar perangkat keras dan lunak
  9. Memantau seluruh fungsi jaringan agar dapat efisiensi maksimum
  10. Mengevaluasi dan memelihara aplikasi
  11. Mengikuti perubahan dan pembaruan yang terjadi dalam dunia industri

Dikirimkan oleh Dr. Eng. Antoni Wibowo

Dr. Eng. Antoni Wibowo, S.Si., M.Kom., M.Eng