Model Penunjang Keputusan Berbasis Logika Fuzzy untuk Penilaian Kinerja Akademik Mahasiswa

 

 

Penulis

Ditdit Nugeraha Utama, Deddy Kurniawan

 

Computer Science Department, BINUS Graduate Program – Master of Computer Science Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

 

Utama dan Kurniawan (2021) menyatakan bahwa di dalam ranah pendidikan, khususnya di perguruan tinggi, standar penilaian kinerja ditentukan oleh indeks prestasi kumulatif (IPK). Dalam penggunaannya di dalam proses evaluasi, standar penilaian IPK memiliki beberapa kekurangan, seperti hanya berfokus pada peningkatan nilai IPK tanpa memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi suatu hasil evaluasi, sehingga standar IPK tidak dapat dijadikan satu-satunya acuan dasar dalam menentukan hasil evaluasi kinerja yang ideal.

Studi ini merupakan versi lengkap dari studi sebelumnya (Kurniawan dan Utama, 2021). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun model pendukung keputusan (MPK) yang dapat melakukan penilaian kinerja akademik seorang mahasiswa dengan mempertimbangkan berbagai parameter terpilih, yang dianggap mempengaruhi hasil kinerja akademik mahasiswa tersebut. Model dibangun dengan menggunakan tiga metode yaitu logika fuzzy Sugeno, konvensional, dan matematis. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif karena data yang digunakan adalah data nyata berupa data pribadi dan data nilai akademik mahasiswa di lapangan.

Selanjutnya, metode yang telah ditentukan dan diterapkan dalam penelitian ini, digunakan untuk menghitung nilai prestasi akademik mahasiswa dengan mempertimbangkan berbagai parameter lain di luar parameter IPK. Sehingga hasil penilaian akan lebih ideal dan dapat memperkuat standar penilaian IPK dalam melakukan proses penilaian kinerja mahasiswa. Juga, akhirnya, nilai verifikasi dan validasi model direpresentasikan. Proses verifikasi dan validasi ini menunjukkan bahwa model yang telah berhasil dikembangkan adalah benar secara akademis dan juga valid secara data yang digunakan.

 

Referensi

Utama, D. N. dan Kurniawan, D. 2021. Fuzzy based decision support model for deciding the students’ academic performance. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, in press.

Kurniawan, D. dan Utama, D. N. 2021. Decision support model using FIM Sugeno for assessing the academic performance. Advances in Science, Technology and Emerging Systems Journal, 6(1), 605-611.

 

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama, S.Kom, MMSI