Model Penunjang Keputusan untuk Evaluasi Karyawan Terbaik dengan menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighting

 

 

Penulis

Lucky Christopher Chen, Ditdit Nugeraha Utama

 

Computer Science Department, BINUS Graduate Program – Master of Computer Science Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

 

Penelitian yang diakukan oleh Chen dan Utama (2021) ini mengenai perancangan sebuah Decision Support Model (DSM) untuk membantu mengusulkan karyawan terbaik di perusahaan yang lebih berfokus ke programmer. Terdapat beberapa parameter yang digunakan untuk membangun DSM diantaranya technical skills, problem solving, communication skills, teamwork, discipline, work progress, time management, formal education, and informal education. Nilai dari masing–masing parameter tersebut didapatkan dari sepuluh programmer yang bekerja di sebuah perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan performa dari karyawan dan performa dari perusahaan.

DSM tersebut mampu merekomendasikan programmer terbaik di sebuah perusahaan. Rekomendasi ini diperoleh berdasarkan nilai total tertinggi yang didapatkan oleh masing-masing programmer. Nilai tersebut akan didapatkan dari perhitungan metode Fuzzy Logic dan Simple Additive Weighting. Metode Fuzzy Logic digunakan dengan tujuan untuk mencegah nilai yang membingungkan dan untuk mempertimbangkan nilai parameter berdasarkan linguistik manusia. Selanjutnya, crisp output yang didapatkan setelah proses Fuzzy Logic akan diteruskan ke metode Simple Additive Weighting. Metode Simple Additive Weighting digunakan untuk memberikan bobot yang berbeda untuk tiap parameter berdasarkan kepentingannya.

 

Referensi

Chen, L. C. and Utama, D. N. 2021. Decision Support Model for Determining the Best Employee using Fuzzy Logic and Simple Additive Weighting. Submitted.

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama, S.Kom, MMSI