Model Penunjang Keputusan untuk Investasi Pertanian berbasis Virtual Plant

 

 

Penulis

Ditdit Nugeraha Utama

 

Computer Science Department, BINUS Graduate Program – Master of Computer Science Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

 

Utama dan Wibowo (2021) melakukan kajian mendalam berkenaan dengan model penunjang keputusan (MPK) yang dihubungkan dengan model komputasi tanaman (atau plant computational modeling / PCM) untuk digunakan di dalam menentukan keputusan strategis di bidang pertaninan. PCM itu sendiri adalah model tanaman virtual 3 dimensi yang mengonfigurasi seluruh sistem pertumbuhan tanaman secara statistik dan secara morfologis. PCM ini adalah bagian dari domain studi yang lebih besar, yaitu informatika lingkungan atau ekologi. Di dalam studi ini, PCM tanaman sayuran daun hijau Pakcoy (Brassica chinensis L.) dibangun dan dikembangkan.

 

Model yang dihasilkan adalah merupakan model berbasis komputer hasil kombinasi MPK dan PCM untuk memberikan saran investasi bagi pengguna. Tiga jenis metode yang digunakan di sini: functional-structural plant modeling (FSPM) yang berfungsi untuk mengembangkan PCM, logika fuzzy digunakan untuk mengembangkan model investasi, dan pendekatan matematika sederhana yang dioperasikan untuk menggabungkan kedua model tersebut. Model ini pada akhirnya dapat menyarankan keputusan yang optimal dalam berinvestasi sayuran berdaun hijau yang ekonomis dan memperhatikan aspek lingkungan. 2.696 tanaman Pakcoy merupakan titik impas yang dapat ditanam petani yang memberikan keuntungan keuntungan investasi.

 

Referensi

Utama, D. N. and Wibowo, A. 2021. Fuzzy Decision Support Model based on Virtual Plant for Green-Leaf Vegetable Investment. International Journal of Engineering Trends and Technology, vol. 69, no. 11, pp. 180-186.

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama, S.Kom, MMSI