Model Penunjang Keputusan untuk Penentuan Mekanik Terbaik

 

 

Penulis

Hiromi Jorge Akbar Aljofarinski, Ditdit Nugeraha Utama

 

Computer Science Department, BINUS Graduate Program – Master of Computer Science Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

 

Aljofarinski dan Utama (2021) sedang melakukan penelitian mengenai pengembangan model penunjang keputusan (MPK) untuk menentukan mekanik terbaik. Spirit utama dari penelitian ini adalah bahwa dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk menentukan karyawan terbaik. Dengan mengetahui karyawan terbaik maka kinerja setiap karyawan dapat diukur dan dapat menjadi keuntungan bagi perusahaan untuk mengevaluasi kinerja dan dapat memperbaiki apa yang kurang dari karyawan. Penentuan parameter menjadi tantangan tersendiri sebagai indikator penilaian dalam menilai performa karyawan. Penetapan karyawan terbaik juga diperlukan untuk memberikan apresiasi kepada karyawan dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan semangat kerja karyawan.

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model pendukung keputusan (decision support model/DSM) dengan menggunakan kombinasi logika fuzzy dan metode profile matching dan disertai dengan penentuan parameter yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang ingin diukur yaitu mekanik. Penggunaan dua belas parameter yaitu performance problem diagnosis, problem solving, preventif action, concept, time management, disiplin, manajemen kerja, efisiensi, pendidikan, keterampilan pendukung, dan alur kerja bisnis ditentukan dengan hasil dari studi literatur dan interview langsung dengan expert di bidang otomotif. Model yang telah dibangun akan digunakan di perusahaan bengkel, dan akan digunakan untuk mengukur kinerja setiap mekanik dan dapat berguna bagi kepala bengkel untuk mengevaluasi kinerja setiap mekanik dan memperbaiki kekurangan mekanik.

 

Referensi

Aljofarinski, H. J. A. and Utama, D. N. 2021. Decision Support Model to Determine the Best Employees (Mechanic). Submitted.

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama, S.Kom, MMSI