MPK untuk Rekomendasi Lahan Pertanian untuk Tanaman Pangan

 

 

Lucky Christopher Chen, Nurcahyo Wibowo, Ditdit Nugeraha Utama

Computer Science Department, BINUS Graduate Program – Master of Computer Science Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia 11480

 

Hasil studi dari Chen et al. (2021), yang merupakan studi lanjutan dari Utama et al. (2020), menjelaskan mengenai pengembangan atau penelitian sebuah model yang dirancang untuk membantu mengusulkan tanaman pangan terbaik untuk ditanam di lahan tertentu yang paling cocok, khususnya lahan-lahan pertanian di Indonesia. Lahan pertanian masing-masing wilayah di Indonesia memiliki ciri yang berbeda (misalnya kapasitas air, porositas lahan, ketinggian lahan, dll). Padi, jagung, kacang merah dan kacang hijau merupakan tanaman pangan penting yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model penunjang keputusan (MPK) berbasis logika Fuzzy yang telah diperluas. Model tersebut mampu mengusulkan tanaman pangan terbaik untuk ditanam pada sebidang tanah atau lokasi tertentu. Saran ini didasarkan pada nilai jarak antara tanaman serta nilai unik dari tanah atau lokasi.

Metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah logika fuzzy dan pengukuran jarak Euclidean. Metode logika fuzzy digunakan dengan tujuan untuk mencegah nilai yang bias yang cenderung membingungkan dan untuk mempertimbangkan nilai parameter berdasarkan variabel linguistik manusia. Fitness value tersebut kemudian dihitung menggunakan nilai jarak Euclidean sebagai nilai dasar untuk saran pilihan. Dalam studi lanjutan ini, tiga parameter dari penelitian sebelumnya dimasukkan, dengan total sebelas faktor (ketersediaan air, suhu, kelembaban, ketinggian tanah, kemiringan tanah, curah hujan, porositas tanah, batuan di permukaan, potensi banjir dan tingkat keasaman air). Biologis tanaman pangan dalam mencari nilai terbaik berdasarkan delapan jenis tanaman pangan yang berbeda, model menghasilkan saran simulasi untuk 514 wilayah administrasi di 34 kabupaten atau kota di Indonesia (padi, jagung, kacang tanah, kedelai, kacang hijau, ubi jalar, singkong dan gandum).

 

Referensi

Chen, L. C., & Wibowo, N., & Utama, D. N. 2021. Extended Fuzzy Decision Support Model for Cropland Recommendation of Food Cropping in Indonesia. Journal of Computer Science. 17. 709-723. 10.3844/jcssp.2021.709.723.

Utama, D. N., Taufan, A. Z., Hartzani A. G., Haidi H., Lubis Y. R., dan Sardjono W. 2020. A fuzzy decision support model for cropland recommendation of food cropping in Indonesia. Journal of Computer Science, 16(4), pp. 518-531.

 

Dr.rer.nat. Ditdit Nugeraha Utama, S.Kom, MMSI