Tren Business Intelligence di Tahun 2022
Nama Anggota Kelompok :
2201775682 – Andre Setiawan Wijaya
2201772176 – Ezra Karuna Wijaya
2201751871 – Ibrahim Tifal Atha Amani
2201771210 – Marchello Yoloan
2201759193 – Owen Jackson Dharmadinata
Artikel Business Intelligence
Karena wabah COVID19, banyak perusahaan masih menyesuaikan diri dengan peraturan baru.
Sementara situasinya tampaknya tidak terlalu mengerikan saat ini dan penyesuaian jangka
panjang terhadap “new normal” tampaknya sudah dekat, operasi sehari-hari masih jauh dari
selesai. Beberapa perusahaan menghadapi penurunan pesanan dibandingkan tahun lalu,
sementara yang lain menghadapi gangguan rantai pasokan yang berkelanjutan atau selalu
mengubah model bisnis mereka untuk mengubah persyaratan atau lebih siap menghadapi krisis.
Melihat tren business intelligence tahun ini, jelas bahwa perusahaan masih fokus pada
pemosisian jangka panjang dan membangun basis untuk penggunaan data mereka. Sebaliknya,
perusahaan mengatasi penyebab mendasar dari masalah mereka (seperti kualitas data) dan
menciptakan budaya berbasis data global. BARC Data, BI, and Analytics Trend Monitor 2022
menunjukkan tren mana yang saat ini dianggap penting dalam mengatasi kesulitan ini oleh
beragam kelompok analitik dan profesional BI. Analisis mereka memberikan gambaran
komprehensif tentang variasi regional, perusahaan, dan industri, bersama dengan wawasan
tentang dinamika pasar BI dan masa depan BI.Perbandingan jangka panjang kami juga
menunjukkan bagaimana tren telah berkembang dari waktu ke waktu, memungkinkan kami
untuk membedakan antara pola yang dilebih-lebihkan dan yang stabil. Dari perspektif pengguna,
BARC Data, BI, and Analytics Trend Monitor 2022 memeriksa tren terkini dalam intelijen
bisnis, analitik, dan manajemen data yang mendorong pasar.
Tren intelijen bisnis yang paling dan paling tidak penting untuk tahun 2022
Sebuah survei komprehensif dari intelijen bisnis utama, analitik dan tren manajemen data dari
2.396 pengguna dan 4.444 konsultan dan vendor memberikan wawasan terkini tentang intelijen
bisnis, analitik dan intelijen bisnis serta juga perbedaan regional pada perusahaan dan industri
juga menyediakan ide data manajemen pasar.
Kualitas data/manajemen data master, budaya data, dan manajemen data adalah tiga topik yang
telah diidentifikasi oleh para praktisi sebagai tren terpenting dalam pekerjaan mereka.
Arti dari kedua tema ini melampaui wilayah pada industri individu, membangun budaya berbasis
data adalah tren yang dipelopori oleh BARC Trend Monitor sejak tiga tahun lalu dan telah
meningkat dari posisi kelima di edisi pertama ke posisi ketiga dalam dua tahun terakhir, dan saat
ini berada di peringkat kedua.
Manajemen data juga semakin penting setelah tetap menempati posisi keempat selama beberapa
tahun terakhir, dan manajemen data naik kepada peringkat ketiga pada tahun ini. Penemuan dan
visualisasi data, dan analitik swalayan (masing-masing pada peringkat keempat dan kelima)
adalah tren yang bersifat sangatlah konsisten, tetapi sayangnya keduanya telah surut ke latar
belakang budaya berbasis data.
Kesimpulan
Master data dan data quality management telah menjadi tren paling penting selama lima tahun
terakhir berturut-turut. Stabilitas tren ini menunjukkan bahwa relevansi data berkualitas tinggi
secara signifikan lebih tinggi daripada topik tren lainnya dengan kehadiran media yang jauh
lebih luas. Ini juga mencerminkan pentingnya data master dan kontrol kualitas data karena
banyak perusahaan belum mencapai tujuan mereka.
Hal ini konsisten dengan hasil survei BARC lainnya dan secara konsisten menunjukkan bahwa
perusahaan menderita kualitas data yang buruk sebagai hambatan untuk peningkatan penggunaan
data. Oleh karena itu, data master dan kontrol kualitas data masih sangat penting dan terkait
dengan pentingnya tata kelola data yang sama stabilnya. Tata kelola data berada di urutan
keempat selama empat tahun berturut-turut sebelum naik ke urutan ketiga tahun ini.
Pembentukan budaya berbasis data menjadi lebih penting dan saat ini diklasifikasikan sebagai
tren terpenting kedua. Sejak diperkenalkan di Trend Monitor pada tahun 2019, tren ini selalu
berada di lima besar dan kepentingannya terus meningkat. Hal ini dapat dijelaskan dengan
tumbuhnya kesadaran bahwa penting untuk mempromosikan budaya berbasis data untuk
mewujudkan potensi data penuh dari sebuah perusahaan.
Tahun ini, deteksi data dan visualisasi data, dan peringkat BI swalayan sedikit turun.
Namun, posisi 4 dan 5 dalam daftar 20 topik menekankan pentingnya mereka bagi perusahaan.
Semua tren teratas menggabungkan elemen organisasi dan teknis. Mereka membentuk dasar
yang kuat di mana sebagian besar bisnis menempatkan nilai yang besar.
Lima tren terpenting membentuk dasar bagi perusahaan untuk mengelola data mereka sendiri dan
menggunakannya dengan bijak. Selain itu, ini menunjukkan bahwa organisasi sadar akan
relevansi data berkualitas tinggi dan penggunaannya yang efektif. Perusahaan ingin tidak hanya
mengumpulkan data sebanyak mungkin, tetapi juga secara aktif menggunakannya untuk
meningkatkan proses pengambilan keputusan. Modernisasi data warehouse pada tanggal 6 tahun
ini juga turut andil dalam hal ini. Sejak tahun lalu, beberapa tren menjadi lebih penting (katalog
data, peringatan, dll.). Namun, sebagian besar tetap sama atau hanya mengubah prioritas mereka.
Ada beberapa perubahan besar dalam tren turun. Persiapan data oleh pengguna bisnis telah turun
dari peringkat 7 menjadi 10 karena Alerts dan Agile BI Development telah naik peringkat.
Mobile BI juga turun dari peringkat ke-3 menjadi ke-18. Tren penurunan terus terjadi selama
empat tahun terakhir.
Selama beberapa minggu dan bulan mendatang, kami akan menerbitkan dan memperbarui
sejumlah artikel yang menjelaskan setiap tren secara lebih rinci. Pelajari bagaimana berbagai
wilayah, industri, jenis pengguna, ukuran perusahaan, perusahaan terkemuka di industri
menghargai tren, dan bagaimana pandangan mereka telah berubah sejak tahun lalu. Mendaftar
untuk buletin di bawah ini. Kami akan memberitahu Anda tentang artikel terbaru.
References :
Janoschek, N. (2021). Top Business Intelligence Trends 2022 | What 2,400 BI Professionals
Think. Retrieved 19 November 2021, from https://bi-survey.com/top-business-intelligence-trends