Model Evaluasi berbasis Kombinasi Aturan Fuzzy Tahapan Jamak dan Fuzzy Slope untuk Evaluasi Kualitas Mahasiswa

Utama et al. (2022) membangun sebuah model evaluasi yang dimodifikasi secara lanjut. Di dalam penelitian ini, metode aturan fuzzy tahapan jamak dikombinasikan dengan perhitungan fuzzy-slope digunakan untuk mengembangkan model evaluasi tersebut. Di mana, model evaluasi dikembangkan dengan menggunakan konsep model penunjang keputusan (MPK).

Perhitungan fuzzy slope (kemiringan) dipakai untuk mempertimbangkan parameter yang bersifat time-series (deret waktu). Di dalam penelitian ini, kasus penilaian kinerja mahasiswa diambil sebagai kasus dalam penelitian yang bersifat eksperimental ini. Data deret waktu dapat dimanfaatkan secara optimal untuk memperkaya model melalui pengukuran nilai kemiringan. Nilai kemiringan itu sendiri dioperasikan untuk melihat konsistensi nilai IPK dalam menentukan kinerja kecerdasan secara lebih tepat.

Logika fuzzy tahapan jamak berfungsi untuk menghasilkan nilai keputusan akhir kemudian. Kombinasi penanganan nilai fuzzy kemiringan dan proses fuzzy tahapan jamak merupakan orisinalitas yang diusulkan oleh penelitian ini. Kesimpulannya, hasil simulasi model dapat menunjukkan pengukuran kinerja 20 mahasiswa melalui implementasi model menggunakan bahasa pemrograman Python. Model tersebut dapat menunjukkan nilai kinerja mahasiswa terbaik sebesar 76,92 poin dan nilai kinerja siswa terburuk sebesar 22,85 poin.

Referensi

  1. N. Utama, S. Sumiyati, I. Rahyadi, N. Z. Abidin, N. Ahmad, A. M. Benjamin, and W. L. H. B. M. Desa. 2022. A simple performance evaluation model based on multi stage fuzzy slope. Proceeding of Engineering Science and Technology International Conference (ESTIC 2022), in press.
Ditdit Nugeraha Utama