Model Penunjang Keputusan berbasis Aturan Fuzzy Tahapan Jamak untuk Evaluasi Kualitas Mahasiswa

Utama et al. (2022) membangun sebuah model evaluasi dengan menggunakan konsep model penunjang keputusan (MPK) yang baru yang dibasiskan pada aturan fuzzy tahapan jamak. Model ini dipakai untuk menjadi standar menilai kualitas mahasiswa. Model komputer ini dianggap sebagai model sederhana, namun pendekatan aturan fuzzy tahapan jamak merupakan kontribusi utama dari kajian tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah proses evaluasi yang melibatkan multi parameter dan aturan adalah kompleks dan rumit. Kompleksitas seperti itu menunjukkan bahwa masalah tersebut merupakan masalah semi menuju tidak terstruktur. Dengan demikian, masalah yang dihadapi mungkin diselesaikan dengan mengusulkan sebuah model keputusan cerdas untuk mendapatkan sebuah nilai keputusan kuantitatif.

Di dalam studi ini, penelitian eksperimental dilakukan dengan mengoperasikan secara metodis konsepsi logika fuzzy berbasis aturan tahapan jamak. Penelitian eksperimental ini merupakan eksperimen bahasa pemrograman Python dan merupakan salah satu implementasi dari aturan logika fuzzy yang bersifat tahapan jamak dalam menyelesaikan masalah kasus untuk mengevaluasi kualitas mahasiswa. Model evaluasi ini dirancang melalui pendekatan berorientasi objek dan secara meyakinkan mampu menunjukkan hasil dari 100 nilai kinerja mahasiswa.

Referensi

  1. N. Utama, S. Sumiyati, I. Rahyadi, N. Z. Abidin, N. Ahmad, A. M. Benjamin, and W. L. H. B. M. Desa. 2022. A simple student appraisal evaluation model based on multi-stage rule fuzzy logic. Proceeding of International Conference on Quantitative Sciences and Its Application (ICOQSIA 2022), in press.
Ditdit Nugeraha Utama