PENERAPAN APLIKASI CL FRAMEWORK PADA INDUSTRI RITEL

  1. PENDAHULUAN

 Saat ini merupakan Era Revolusi Industri 4.0, dimana sektor industri maupun perusahaan dan organisasi diberbagai bidang dituntut untuk berubah. Perubahan itu adalah dimana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya guna mencapai efisiensi yang setinggi-tingginya dengan penggunaan pemanfaatan teknologi digital. Era Industri 4.0 membawa pengaruh yang pesat terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan dalam sektor industri dan perusahaan maupun organisasi. Semakin tinggi teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan akan semakin mempercepat proses penyampaian informasi.

Framework adalah suatu struktur yang nyata atau konseptual dimaksudkan untuk melayani sebagai dukungan atau panduan untuk membangun sesuatu yang memperluas struktur menjadi sesuatu yang bermanfaat. Pada Perangkat komputer, framework biasanya berstruktur berlapis-lapis yang menunjukkan jenis program yang dapat dibangun dan program yang saling berhubungan. Beberapa framework sistem komputer juga mencakup program-program yang sebenarnya, menentukan antarmuka pemrograman, atau menawarkan tool pemrograman untuk menggunakan kerangka kerja Sebuah kerangka mungkin berupa satu set fungsi dalam sistem dan bagaimana mereka saling

Berhubungan, lapisan sistem operasi, lapisan subsistem aplikasi, bagaimana komunikasi harus distandardisasi pada beberapa tingkat jaringan, dan sebagainya. Sebuah framework umumnya lebih komprehensif daripada protokol dan lebih preskriptif daripada struktur.

Salah satu web framework yang sering digunakan adalah Codeigniter. CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP Model View Controller merupakan suatu konsep yang cukup populer dalam pembangunan aplikasi web, berawal pada bahasa pemrograman Small Talk, MVC.

 Model-View-Controller (MVC) adalah konsep yang digunakan untuk meng-enkapsulasi data bersama dengan pemrosesan (model),mengisolasi dari proses manipulasi (controller) dan tampilan (view) untuk direpresentasikan pada sebuah user interface. Dari hasil analisa.perancangan, pengujian dan implementasi program yang telah dilakukan terhadap aplikasi. Sehingga akan memudahkan dalam penyusunan sebuah aplikasi yang dapat mendukung sistem di perusahaan. Dalam hal terkait penelitian ini, sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki adalah dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek yang berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya berdasarkan fakta, karena pencarian informasi berdasarkan data yang akurat dalam merancang sistem yang diperlukan.

2. PEMBAHASAN

                 CodeIgniter adalah sebuah web application network yang bersifat open source yang digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. CodeIgniter menjadi sebuah framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP yang dapat mempercepat pengembang untuk membuat sebuah aplikasi web.

                 Selain ringan dan cepat, Codeigniter juga memiliki dokumentasi yang super lengkap disertai dengan contoh implementasi kodenya. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu :

  1. View, merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.
  2. Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak berhubungan langsung dengan bagian view.
  3. Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.

              Di dalam Framework Codeigniter terdapat kelas yang berbentuk library dan helper berfungsi untuk membantu programmer dalam mengembangkan aplikasi. Konsep dalam Framework Codeigniter yaitu dengan menerapkan konsep Model, View, dan Controller (MVC). MVC adalah sebuah pola perancangan atau arsitektur yang digunakan untuk rekayasa perangkat lunak dimana para pengembang dapat memisahkan kode program kedalam tiga kelompok yaitu Model, View dan Controller.

                 UML saat ini sangat banyak dipergunakan dalam dunia industri yang merupakan standar bahasa pemodalan umum dalam industri perangkat lunak dan pengembangan sistem. Diantaranya use case diagram, activity diagram dan class diagram. Bootstrap adalah sebuah library framework CSS yang dibuat khusus untuk bagian pengembangan front-end website (Zakir, 2016). Bootstrap juga merupakan salah satu framework HTML, CSS dan javascript yang paling populer di kalangan web developer yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website yang responsive. Sehingga halaman website nantinya dapat menyesuaikan sesuai dengan ukuran monitor device (desktop, tablet, ponsel) yang digunakan pengguna disaat mengakses website website dari browser.

                 PT Harmoni Lintas Gaya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan ritel. Barang yang dijual mencakup perlengkapan bayi dan mainan anak-anak. Untuk perlengkapan bayi seperti gift set for new born, diaper bag, bedding set, baby nest, bedcover, perlak dan lain sebagainya. Sedangkan untuk mainan anak-anak meliputi mainan dengan karakter Disney seperti figure Minni Mouse, Mickey Mouse, Avenger dan lain sebagainya.

                 Untuk meningkatkan pemasaran dan hasil penjualan maka konsep penjualan harus dikembangkan lagi. Melihat sekarang dunia perdagangan sudah banyak yang beralih ke dunia digital dan berbelanja online sudah menjadi gaya hidup kalangan masyarakat dalam dunia modern ini. Suatu perusahaan memiliki sebuah website adalah suatu hal yang wajib dalam menghadapi persaingan dalam dunia bisnis ini.

                 Bahasa pemograman ini sangat populer dan telah digunakan oleh beberapa perusahaan raksasa pengembang web. Salah satu metode dalam pembuatan program web menggunakan metode Model View Controller. View atau tampilan halaman end-user pada rancangan sistem penjualan berbasis web ini, dimana User atau konsu men dengan pihak toko tidak bertatap muka secara langsung. Konsumen melakukan pembelian melalui media on line. Kebutuhan tampilan (view) diatas dapat digambarkan dengan bentuk diagram usecase. Sistem dapat dibuka oleh non-member sebagai halaman pengunjung, member sebagai halaman anggota atau halaman utama member. Berikut variabel-variabel yang harus dipenuhi agar sistem dapat berjalan dengan baik, sebagai berikut:

  1. Variabel Registrasi
  2. Variabel Melihat Kategori dan Produk
  3. Variabel Keranjang BBelanj
  4. Variabel Konfirmasi Pembayaran

3. PENUTUP

                 Rancangan sistem informasi atau aplikasi penjualan perlengkapan dan mainan anak berbasis web ini dapat memberikan keuntungan dari dua pihak yaitu pihak perusahaan dan pihak user (pembeli). Bagi pihak perusahaan dengan adanya sistem informasi ini dapat memberikan kemudahan dalam pemasaran dan penjualan produk yang dijual. Sedangkan bagi user (pembeli) aplikasi ini memberikan kemudahan akses dalam mencari produk yang diin ginkan. Dengan menggunakan framework Codeigniter perancangan aplikasi penjualan ini dapat disusun dengan lebih mudah dan lebih terarah pembagian struktur pemrogramanannya. Konsep Model View Controller (MVC) memberikan penyusunan coding program lebih mudah dibuat konsepnya dan mempermudah pemeriksaan bagian bagian dari coding yang dibuat. Desain tampilan aplikasi (View) dapat dibuat lebih dinamis dan menarik dengan konsep MVC ini. Dengan menggunakan pengujian black box, bagian-bagian input data dilakukan validasi data agar dapat dihindari dari kesalahan (error).

                 Penyebaran informasi barang dan pembelian barang yang saat ini akan dapat dilakukan secara online. Penggunaan sistem informasi penjualan ini dapat menyimpan dan menampil kan data penjualan yang dimasukan oleh pengguna secara online, data kategori, daftar member, dan laporan penjual.lainya.

DAFTAR PUSTAKA

Diana and Febrianti. (2017).“Implentasi Model View Controller (MVC) Pada Aplikasi Doa Harian Untuk Anak Muslim Berbasis Android,” J. Inform., vol. 17, no. 1, pp. 11-21, 2017, doi: 10.1007/978-1-4842-2538-7_10. K. Wijaya and A. Christian, “Implementasi Metode Model View Controller (MVC) Dalam Rancang Bangun Website SMK Yayasan Bakti Prabumulih,” Paradig. – J. Komput. Dan Inform., vol. XXI, no. 1, pp. 1-8, 2019, doi: 10.31294/p.v2012.

Suendri.“P. (2018).enerapan Konsep Model View Controller Pada Perancangan Sistem Manajemen,” vol. 3, no. 2, pp. 36-45, 2018.

Rahmah, D. L. (2014). Perancangan Aplikasi Sistem Persuratan Berbasis Web Pada PT. Dwi Pilar Pratama. Faktor Exacta, III(7), 282-292.

Sidik., Betha. (2012). Famework Codeigniter. Infomatika Bandung, 2012.

Sugiharti, E., & Triliani, S. E. (2014). Perancangan Aplikasi Surat Masuk dan Keluar pada PT. Angkasa Pura 1 Semarang. Scientific Journal of Informatics, I(1), 39-52.

Supriadi, I., Indrayani, R., & Maulydda, V. T. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web Pada Kantor Asuransi Jiwa Kantor Layanan Administrasi Bandung. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018, 980-985.

Ditulis :

Adinda Nur Syakirah – 2201828663

Amira Adinda Aini Sebayang – 2201843336

Nicky Hendrik Sen – 2201730040

Antoni Wibowo