Algoritma Daur Hidup Kupu-Kupu berbasis Logika Fuzzy Untuk Menghitung Kinerja Pertumbuhan Perusahaan

Perdana et al. (2022) mengembangkan algoritma yang diadaptasi dari siklus hidup kupu-kupu yang digunakan untuk menilai kualitas tumbuhnya perusahaan. Algoritma ini disebut dengan algoritma siklus hidup kupu-kupu. Algoritma ini dikembangkan dengan basis logika fuzzy di dalam implementasinya.

Studi sebelumnya tentang algoritma siklus hidup kupu-kupu (BLCA) secara teknis telah direalisasikan dalam dua tahap BLCA, dalam rangka mengukur kinerja pertumbuhan perusahaan. Dia didasarkan pada metode gabungan dari Balanced Scorecard (BSC) dan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) analisis. Tulisan ini bertujuan untuk melanjutkan Implementasi BLCA dengan melakukan lima tahapan BLCA dan kemudian memperbaiki algoritma dengan mengimplementasikan Fuzzy Konsepsi Logika (FL) ke dalam BSC.

Implementasi dari Metode FL mengubah nilai bias menjadi empat BSC parameter menjadi nilai yang tepat untuk membuat model lebih tepat. Algoritma BLCA lengkap yang dikombinasikan dengan FL adalah digunakan untuk secara akurat menilai kinerja pertumbuhan perusahaan. Oleh melakukan beberapa koreksi terhadap data penelitian sebelumnya nilai kontribusi, hasil simulasi menunjukkan perbedaan di nilai kinerja 0,0026 dengan yang sebelumnya.

Referensi
G. I. Perdana, M. D. Devanda, and D. N. Utama.  2022. Fuzzy Based Butterfly Life Cycle Algorithm for Measuring Company’s Growth Performance. Journal of Advances in Information Technology, in press.

Ditdit Nugeraha Utama