Model Komputasi Tanaman berbasis Fuzzy untuk Pemodelan Mekanisme Tumbuh Berkembangnya Tanaman Pakcoy

Utama et al. (2022) telah berhasil mengembangkan model yang sangan spesifik di bidang pemodelan tanaman. Tanaman yang dijadikan objek penelitian pembuatan tanaman virtual ini adalah tanaman Pakcoy; yang ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Seperti yang kita ketahui bersama, model komputasi tanaman (PCM) adalah model komputer yang mampu menggambarkan informasi pertumbuhan tanaman fungsional, morfologi, dan statistik.

PCM sendiri merupakan area penelitian yang merupakan bagian dari lingkungan informatika bidang atau ilmu komputer secara lebih luas. Secara praktis, presisi nilai data, berasal dari proses pengumpulan data, yaitu dioperasikan untuk pemodelan, merupakan aspek penting dalam PCM. Hal tersebut dapat mempengaruhi keunggulan informasi yang dihasilkan. Dalam rangka menjaga kualitas proses pemodelan, dalam penelitian ini, metode logika fuzzy dioperasikan secara ilmiah; khusus, untuk mengkonversi semua data sebelum digunakan dalam proses pemodelan. Juga, pendekatan berorientasi objek dan terkait tata bahasa pertumbuhan platform pemodelan interaktif (GroIMP) dan metode pemodelan pabrik fungsional-struktural (FSPM) difungsikan untuk merancang dan membangun model virtual masing-masing.

Akhirnya, model mampu menggambarkan semua informasi kuantitatif mengenai perilaku pertumbuhan tanaman Pakcoy lebih akurat dan tepat; khusus di dalam model mekanisme pertumbuhan tanaman Pakcoy ini. Informasi yang didapat, akhirnya kembali dimodelkan lebih lanjut untuk dapat menghitung titik impas (BEP) sebagai nilai fundamental untuk membuat keputusan investasi.

Referensi

  1. N. Utama, A. Wibowo, dan H. Y. Purwantono. 2022. Fuzzy Logic for Mechanical Growth in Virtual Plant Computational Model for Hydroponic Green-Leaf Vegetable Plant Bok Choy (Brassica Chinensis L.). Proceeding of International Seminar on Engineering Science and Technology International Conference (ESTIC 2022), in press.