Model Optimasi untuk Penugasan Dosen

Sydina et al. (2022) berhasil membangun sebuah model optimasi. Model ini berhasil diimplementasikan pada kasus nyata di dalam menyelesaikan permasalahan penugasan dosen di sebuah universitas (di Universitas Utara Malaysia).

Penelitian ini berfokus pada masalah penugasan dosen-panitia di School of Quantitative Sciences (SQS), Universiti Utara Malaysia (UUM). Di SQS, komite dibentuk untuk mendukung sekolah di mencapai indikator kinerja utama (KPI) UUM. Oleh karena itu, masing-masing panitia membutuhkan beberapa dosen untuk mengatur kegiatan dalam pekerjaan mereka spesifikasi.

Saat ini, dosen ditugaskan secara manual ke komite oleh tim manajemen SQS. Tidak ada pendekatan sistematis untuk menetapkan dosen kepada panitia. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya minat dosen dalam komitmen mereka dan memakan waktu lebih lama untuk seluruh proses menyelesaikan. Studi ini mengembangkan model Integer Programming (IP) untuk menetapkan dosen kepada komite dengan mempertimbangkan dosen dan manajemen preferensi tim untuk mengatasi kelemahan ini. Solusi optimal dari Model IP memberikan bobot preferensi total yang lebih tinggi daripada praktik saat ini dengan peningkatan 19,91%, mencerminkan solusi yang lebih baik.

Referensi

  1. N. I. Sydina, A. M. Benjamin, N. Ahmad, and D. N. Utama. An optimisation model for lecturer-committee assignment problem: a case study. International Journal of Mathematics in Operational Research, in press.