Sentiment Analysis of Public Satisfaction Towards the Quality of Hospital Services Using A Deep Learning Apporach
Industri layanan kesehatan saat ini semakin berfokus pada peningkatan pengalaman dan kepuasan pasien, mengingat masyarakat memiliki beragam pilihan layanan kesehatan. Oleh karena itu, penyedia layanan seperti rumah sakit dituntut untuk terus meningkatkan kualitas layanannya agar kepercayaan pasien tetap terjaga. Seiring kemajuan teknologi digital, opini publik kini banyak disampaikan melalui platform daring seperti Google Reviews, yang merupakan sumber data potensial untuk menganalisis persepsi publik terhadap layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen publik terhadap kualitas layanan rumah sakit di Indonesia menggunakan pendekatan Natural Language Processing (NLP) dan machine learning. Data ulasan dikumpulkan dari Google Reviews dan diklasifikasikan ke dalam kategori positif dan negatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode machine learning tradisional dan Deep Learning yang masing-masing memiliki keunggulan dalam memahami struktur bahasa dan konteks teks. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi analisis sentimen, serta memperkaya literatur di bidang NLP dengan fokus pada implementasi IndoBERT di sektor kesehatan.